Tantangan Sepakbola Indonesia: Minimnya Infrastruktur dan Pengembangan Bakat

Diskusi PSSI Pers dengan tema Refleksi 94 Tahun PSSI
Sumber :
  • viva.co.id

Jakarta, WISATA - Diskusi yang digelar oleh PSSI Pers dengan tema 'Refleksi 94 Tahun PSSI, Mau ke Mana?' di GBK Arena pada Sabtu, 11 Mei 2024, menggambarkan bahwa sepakbola Indonesia masih jauh dari kata ideal. Dalam diskusi yang dihadiri oleh berbagai pihak seperti PSSI, PT Liga Indonesia Baru, ASDP, Nendia Primarasa, DAMRI, APPI, dan RS Mitra Keluarga, Anggota Komite Eksekutif PSSI, Arya Sinulingga, menyampaikan analisis mengenai kondisi sepakbola di Tanah Air.

Indra Sjafri dan Timnas U-19 Siap Gilas Thailand di Final Piala AFF U-19 2024

Menurut Arya, tantangan utama yang dihadapi adalah minimnya pengembangan bakat dari daerah. Dari Sumatera Utara sendiri, sangat sedikit pemain muda yang lolos seleksi nasional karena minimnya kompetisi yang dapat memberi pengalaman bermain.

"Yang namanya sumber pemain ada di daerah, kabupaten, bukan di nasional. Sumber wasit ada di daerah. Federasi tidak punya wasit. Wasit ada di Asprov dan Askot," ungkap Arya Sinulingga.

Shin Tae-yong Tak Perlu Panik, Marselinus Ama Ola Bisa Jadi Solusi Striker Timnas Indonesia

Saat Indra Sjafri memantau bakat pemain U-20 di Sumatera Utara, dari 440 pendaftar hanya satu yang lolos. Bahkan, di kategori U-17, tidak ada satupun dari 750 pendaftar yang berhasil lolos.

Arya juga mengungkapkan permasalahan dalam kompetisi di daerah. Di Sumatera Utara, terdapat 13 klub yang bermain di Liga 3, tetapi jumlah pertandingan yang dimainkan sangat minim, yaitu delapan kali saja untuk memperebutkan tiket ke level nasional. Padahal, untuk mengembangkan pemain secara optimal, diperlukan setidaknya 30 pertandingan dalam setahun.

Dikritik oleh Coach Justin, Tak Diduga, Begini Tanggap Indra Sjafri

Masalah minimnya kompetisi juga berdampak pada infrastruktur sepakbola. Lapangan-lapangan bola yang ada tidak dimanfaatkan secara maksimal untuk menggelar pertandingan, bahkan ada yang berubah fungsi menjadi pasar malam.

Sementara itu, masalah yang serupa juga terjadi pada ketersediaan pelatih berlisensi di Sumatera Utara. Dari 700 Sekolah Sepakbola (SSB) yang ada, hanya sedikit yang memiliki pelatih berlisensi D nasional.

Halaman Selanjutnya
img_title