PARK JI SUNG, Legenda Manchester United Kagum pada Kejeniusan STY Racik Timnas Indonesia

Park Ji Sung Soroti Performa Timnas di Bawah Shin Tae-yong
Sumber :
  • Kolase tvOnenews / IG: @ jisungparkofficial/Julio Trisaputra tvonenews

Jakarta, WISATA – Legenda klub Manchester United sekaligus mantan Timnas Korea Selatan, Park Ji Sung mengomentari prestasi dan performa Timnas U-23 Indonesia di bawah asuhan Shin Tae-yong (STY).

Pelatih asal Korea Selatan, STY mengarsiteki Timnas Indonesia kelompok umur hingga senior, dan memberi perubahan signifikan dalam prestasi Tim Garuda di kancah Asia.

Ranking timnas Indonesia di FIFA juga naik dengan menempati peringkat ke-134 dunia dengan koleksi 1.102,70 poin, dari posisi sebelumnya, ranking 142 dunia.

Ia bahkan membawa tim Garuda melaju ke babak semifinal Piala Asia U-23 AFC 2024 untuk pertama kalinya.

Legenda Manchester United, Park Ji Sung pun turut memuji pencapaian timnas Indonesia di bawah kepelatihan STY.

“Saya melihat ada perkembangan yang pesat di Timnas Indonesia, terutama dengan pemain baru dan banyak tersebar di Eropa,” kata Park Ji Sung, dilansir tvOnenews.com dari KBS News, Jumat (26/4/2024).

Pemain yang berposisi sebagai gelandang itu mendarat ke Stadion Old Trafford pada musim panas tahun 2005.

Park Ji Sung mempersembahkan 11 gelar untuk klub Setan Merah, termasuk di antaranya empat trofi Liga Premier Inggris dan satu trofi Liga Champions.

Menurut Park Ji Sung, langkah STY memotong generasi muda dan mempercayai banyak dari mereka bermain di timnas senior, benar-benar membuahkan hasil.

“Timnas Indonesia perlu menyiapkan kualitas pemain khususnya pemain muda di berbagai aspek, dan itu sudah dilakukan dengan baik saat ini,” ungkap Park Ji Sung.

Sebagai informasi, hasil potong generasi yang dilakukan oleh STY melahirkan pemain seperti Asnawi Mangkualam, Marselino Ferdinan, Pratama Arhan, dan Witan Sulaeman.

Bukan tidak mungkin, jika bakat mereka terus diasah serta ditambah dengan kekuatan para pemain keturunan yang berkarier di Eropa, Indonesia bakal menjelma menjadi kekuatan baru di Asia.

Terkait dengan hal ini, Ketua Umum PSSI, Erick Thohir juga sudah memastikan perpanjangan kontrak STY hingga tahun 2027, setelah berhasil memenuhi target.

Dua target yang dimaksud adalah membawa Timnas Indonesia lolos babak 16 besar Piala Asia 2023 dan membawa Timnas U-23 melaju ke babak 8 besar Piala Asia U23 AFC 2024.

(Sumber: tvonenews.com - diolah)

Jadi Pemain yang Paling Ditakuti Vietnam, Eks Striker Timnas Putuskan Pensiun Dini dan Sekarang Dia.