MOTOGP: Siap Digelar, Begini Persiapan MotoGP Mandalika 2023

Sirkuit Balapan MotoGP Mandalika, Lombok Tengah, NTB
Sumber :
  • kemenparekraf.go.id

Jakarta, WISATA Pesona Mandalika di Lombok Tengah, Nusa Tenggara Barat tak sekadar keindahan alam dan budaya yang masih terus menjadi daya tarik wisata saja.

Beberapa tahun belakangan, kawasan Mandalika ini juga dikenal sebagai salah satu destinasi sport tourism kelas dunia.

Hal ini tak bisa dilepaskan dari hadirnya Mandalika International Street Circuit, yang telah menjadi tuan rumah ajang balap kelas dunia, satu di antaranya adalah ajang balap MotoGP.

Tahun ini, GP Mandalika akan digelar pada hari Jumat-Minggu, tanggal 13-15 Oktober 2023, atau menjadi seri ke-16 dari ajang MotoGP 2023.

Berbagai persiapan pun mulai dilakukan pihak penyelenggara, MGPA dan Dyandra&Co., dalam menyambut event balap motor kelas dunia ini.

Terkini, persiapan terlihat dari pengecatan ulang bagian kerb (pinggiran lintasan), dan pemasangan sensor plus timing system.

Tak hanya itu, bagian aspal di Sirkuit Mandalika juga terus diperhatikan dan dilakukan perbaikan pada beberapa titik di lintasan, yakni antara tikungan 5 dan 6, serta 16 dan 17.

Proses pengaspalan ulang telah mendapat homologasi Grade A dari Federasi Sepeda Motor Internasional (FIM), yang artinya Sirkuit Mandalika layak menggelar ajang balapan kelas dunia MotoGP.

Sekadar informasi, saat ini Sirkuit Mandalika menggunakan Asphalt Concrete Wearing Course (ACWC) Modified, yang sedikit berbeda dengan jenis aspal tahun lalu: Stone Mastic Asphalt.

Penggantian jenis aspal ini dinilai cocok, karena menyesuaikan dengan cuaca panas yang kerap menerpa kawasan Mandalika.

Apa yang Baru di GP Mandalika

Selain dari sisi persiapan sirkuit, ada beberapa hal baru yang diberikan promotor dalam ajang GP Mandalika 2023.

MOTOGP: Opening Ceremony MotoGP 2023, Miq Gite Siap Sambut Presiden Joko Widodo

Ilustrasi: Balapan MotoGP di Sirkuit Mandalika

Photo :
  • infopublik.id
Satu yang menarik adalah Tribun Khusus bagi Fans “ Baby AlienMarc Marquez .

Halaman Selanjutnya
img_title