BANYUWANGI: Riuh, Ajang Hubride 2024 Diikuti Ratusan Pembalap Sepeda Berbagai Daerah

Ajang Balap Sepeda Hubride 2024 di Banyuwangi, Jawa Timur
Sumber :
  • banyuwangikab.go.id

Banyuwangi, WISATA Ajang balapan sepeda bertajuk Hubride 2024, digelar di Kabupaten Banyuwangi, Jawa Timur pada hari Minggu (6/10/2024).

Sedikitnya 300 pembalap sepeda ambil bagian dalam kegiatan yang digelar untuk memperingati Hari Perhubungan Nasional 2024 ini.

Hubride 2024 melintasi rute sejauh 122 km dengan titik start-finish di halaman Akademi Penerbangan Indonesia (API) - sekolah penerbangan di bawah naungan Kementerian Perhubungan RI.

Para pembalap berlaga untuk delapan kategori yang disediakan.

Mereka berasal dari belasan provinsi di Indonesia, bertarung untuk berbagai kategori lomba di antaranya elite, master, hingga kategori khusus karyawan Kementerian Perhubungan.

Plt Bupati Banyuwangi, Sugirah menyatakan, dipilihnya Banyuwangi sebagai lokasi pelaksanaan Hubride 2024, menunjukkan bahwa kabupaten di ujung Timur Pulau Jawa ini telah melekat sebagai ikon sport tourism.

Apalagi, ajang Hubride bukan kali pertama digelar.

Tahun 2023 lalu, instansi yang sama juga menggelar ajang serupa di Banyuwangi.

"Kami atas nama pemkab, berterima kasih kepada Kementerian Perhubungan yang telah menggelar Hubride 2024 di Banyuwangi. Kami berharap, event ini akan terus digelar tiap tahun," ujar Sugirah.

Sugirah menambahkan, Banyuwangi setiap tahunnya rutin menggelar berbagai event sport tourism, mulai dari tingkat nasional hingga internasional.

Dari seluruh event tersebut, balap sepeda menjadi salah satu yang diminati banyak khalayak, sehingga event-event sport toursim ini mengerek banyak wisatawan untuk datang ke Banyuwangi setiap kali pagelaran.

"Ragam event yang kita gelar ini akan mendongkrak ekonomi daerah. Banyaknya peserta luar kota yang hadir, tentu akan membawa manfaat ekonomi bagi daerah. Ini salah satu tujuan Banyuwangi membuat event," kata Sugirah.

Sementara itu Kepala Badan Pengembangan SDM Perhubungan, Subagyo menjelaskan, Hubride 2024 digelar atas kerja sama Kementerian Perhubungan dengan Pemkab Banyuwangi.

Event tersebut terselenggara sebagai rangkaian peringatan Hari Perhubungan Nasional yang jatuh pada tanggal 17 September.

"Sengaja kami gelar di Banyuwangi, karena di Banyuwangi kami punya kampus API. Ini juga sudah tahun kedua, dan rencananya akan terus kami lanjutkan agar setiap tahun selalu ada," tutur Subagyo.

Hubride 2024 juga diharapkan berperan dalam mempromosikan berbagai wisata di Kabupaten Banyuwangi.

Apalagi, banyak dari peserta balap sepeda merupakan pembalap dari luar Banyuwangi, bahkan luar pulau.

(Sumber: banyuwangikab.go.id)

Latihan Tari Gabungan Festival Gandrung Sewu 2024 untuk Rayakan Keindahan Budaya Banyuwangi