Program Naturalisasi PSSI: Kontroversi dan Keberhasilan Timnas Indonesia

Gelisah dengan Program Naturalisasi
Sumber :
  • tvonews.com

Jakarta, WISATA - PSSI, federasi sepak bola Indonesia, terus berinovasi demi mengangkat prestasi Timnas Indonesia. Salah satu langkah yang kontroversial namun terbukti efektif adalah program naturalisasi pemain. Selama satu dekade terakhir, PSSI gencar melakukan naturalisasi untuk memperkuat Timnas Indonesia.

MAARTEN PAES: Tak Main-Main Persiapkan Diri untuk Bergabung Timnas Indonesia

Awal Program Naturalisasi

Dimulai dari naturalisasi Cristian Gonzales dan Irfan Bachdim pada tahun 2010, program ini terus berkembang. Saat ini, banyak pemain naturalisasi yang menjadi pilar penting di Timnas Indonesia. Nama-nama seperti Raphael Maitimo, Sergio Van Dijk, Ezra Walian, Marc Klok, hingga Stefano Lilipaly silih berganti menjadi pemain kunci bagi tim.

SADDIL RAMDANI: Tersisih dari Timnas, Kini, Saddil Punya Peran Penting di Sabah FC, Malaysia

Talenta Muda Naturalisasi

Kini, sejumlah talenta muda yang memiliki darah keturunan Indonesia seperti Justin Hubner, Elkan Baggott, Ivar Jenner, dan Rafael Struick mulai menjadi andalan pelatih Shin Tae-yong di Timnas Indonesia. Terbaru, Jay Idzes, Thom Haye, Nathan Tjoe A On, dan Ragnar Oratmangoen yang baru saja dinaturalisasi beberapa bulan lalu berhasil mencuri perhatian berkat penampilan impresif mereka dalam laga debut melawan Vietnam di ajang kualifikasi Piala Dunia 2026 Zona Asia.

KUALIFIKASI PIALA DUNIA 2026: STY Tersenyum, Timnas Dipastikan Punya 3 Striker Eropa

Prestasi Baru Timnas Indonesia

Berkat kombinasi pemain naturalisasi dan pemain lokal berbakat, Timnas Indonesia berhasil melaju ke putaran ketiga kualifikasi Piala Dunia 2026. Prestasi ini menjadi tonggak sejarah baru bagi sepak bola Indonesia, mengingat sebelumnya Indonesia belum pernah mencapai tahap ini. Kontribusi pemain naturalisasi seperti Elkan Baggott di lini pertahanan, Marc Klok di lini tengah, dan Rafael Struick di lini serang sangat signifikan dalam memastikan kemenangan-kemenangan penting di babak sebelumnya.

Halaman Selanjutnya
img_title