Lingkaran Batu Castlerigg Stone Circle 700 Tahun Lebih Awal dari pada Stonehenge

Castlerigg Stone Circle
Sumber :
  • Instagram/thebristolnomad

Malang, WISATA – Setiap penemuan selalu memperbaharui sejarah. Demikian pula, adanya Castlerigg Stone Circle diperkirakan telah ada lebih dulu dari pada monument Stonehenge.

Ahli Arkeoastronom Teliti Hubungan Misterius antara Bulan dan Stonehenge

Lingkaran batu prasejarah yang terletak di Taman Nasional Lake District Inggris bisa jadi telah didirikan sekitar 700 tahun sebelum monumen ikonik Stonehenge, menurut arkeolog Steve Dickinson. Castlerigg Stone Circle, terletak di Cumbria, telah menarik wisatawan sejak abad ke-18 dan mendapat perlindungan negara pada tahun 1883. 

Menurut Newsweek, penelitian terbaru Dickinson menunjukkan bahwa bagian dari lingkaran tersebut, yang dikenal sebagai ‘Sanctuary,’ mencerminkan struktur Neolitik kecil yang ditemukan di Irlandia dan Yorkshire, yang awalnya dibangun dengan kayu sekitar tahun 3700 SM. Hal ini berpotensi menempatkan Castlerigg di antara lingkaran batu paling awal di barat laut Eropa, mendahului fase awal Stonehenge selama berabad-abad.

Stonehenge, Bagaimana dan untuk Tujuan Apa Monumen ini Didirikan?

Penanggalan radiokarbon pada struktur kayu serupa menunjukkan penggunaannya pada tahun 3730-3600 SM, yang mendukung usulan Dickinson. Temuannya menyiratkan bahwa asal usul Castlerigg berakar kuat pada periode Neolitik awal, yang ditandai dengan ritual kompleks dan pertemuan massal.

Selain itu, penemuan arkeologi baru-baru ini, termasuk tanah dan kayu dalam jumlah besar di pesisir barat daya Cumbria, menunjukkan adanya hubungan dengan situs-situs di Lembah Boyne, Irlandia. Temuan-temuan ini mengisyaratkan adanya kesamaan lanskap budaya dan ritual, yang mungkin melibatkan pemujaan dan distribusi kapak batu yang digali dari hutan di pusat Inggris, terutama Scafell Pike. 

Para Arkeolog Temukan Bukti Baru bahwa Kutu Busuk Masuk Inggris Bersama bangsa Romawi

Menurut Dickinson, keterpencilan dan tantangan Scafell Pike dalam memperoleh batu kapak mungkin menjadikannya suci bagi komunitas Neolitik di Inggris dan Irlandia. Penemuan-penemuan ini tidak hanya menyoroti ritual kuno tetapi juga menantang persepsi yang ada tentang era Neolitikum, yang menandai kedatangan petani pertama di tengah iklim yang memanas. 

Selain itu, festival Castlerigg Connections yang akan datang di Keswick berpotensi merevolusi pemahaman kita tentang monumen prasejarah dan periode Neolitikum.