Kapal Selam PD II USS Harder yang Hilang Ditemukan di Laut Cina Selatan

Model Fotogrametri Empat Dimensi USS Harder
Sumber :
  • archaeologymag/Tim Taylor

Malang, WISATA – Sisa-sisa USS Harder, kapal selam Amerika terkemuka yang hilang selama Perang Dunia II, ditemukan di Laut Cina Selatan. Kapal selam yang tenggelam bersama 79 awaknya dalam pertempuran sengit melawan kapal perang Jepang pada tahun 1944, ditemukan di kedalaman sekitar 3.750 kaki (1.140 meter) dekat Luzon, sebuah pulau di utara Filipina. 

Mulai 1 Juni 2025, SIM Indonesia Berlaku di Negara Asia Tenggara, Yuhuuu....

Projek Lost 52 yang berbasis di New York, dipimpin oleh Tim Taylor, membuat penemuan tersebut, menandai tambahan yang signifikan dalam upaya menemukan kapal selam Perang Dunia II yang hilang. 

USS Harder, kapal selam kelas Gato, adalah salah satu kapal selam Amerika paling terkenal pada Perang Dunia II. Ditugaskan pada tanggal 2 Desember 1942, di bawah komando Komandan Samuel D. Dealey, kapal ini mendapatkan reputasi yang luar biasa atas efektivitas dan keberaniannya dalam pertempuran. 

Upaya Temukan Penerbang Pesawat Pengebom B-17 yang Hilang pada PD II di Inggris Libatkan Arkeolog

Dijuluki “Hit 'Em Harder,” kapal selam ini dianggap telah menenggelamkan banyak kapal Jepang, termasuk empat kapal perusak dan dua fregat. Keberhasilan yang produktif ini menghasilkan enam bintang pertempuran dan Presidential Unit Citation untuk lima patroli pertamanya. 

Misi terakhir kapal selam tersebut dimulai di Laut Cina Selatan dekat Luzon, tempat kapal tersebut bergabung dengan USS Haddo dan USS Hake. Pada tanggal 24 Agustus 1944, setelah konfrontasi sengit dengan kapal pengawal Jepang CD-22, USS Harder menembakkan tiga torpedo, namun dapat dihindari. Musuh kemudian membalas dengan serangkaian serangan dalam, salah satunya menghantam dan menenggelamkan kapal selam. Kerugian tersebut merupakan pukulan telak bagi Angkatan Laut AS, karena Harder berperan penting dalam mengganggu operasi angkatan laut Jepang. 

Foto Jerry Yan yang Belum ‘Retouch’ Mengecewakan Netizen, karena Terlihat Tua?

Tim Taylor, pendiri Projek Lost 52, telah berada di garis depan eksplorasi bawah air untuk menemukan 52 kapal selam Amerika yang hilang selama Perang Dunia II dan empat dari Perang Dingin. Timnya menggunakan kendaraan bawah air otonom (AUV) dan sonar kapal untuk memindai dasar laut dengan cermat. Proses pencarian yang menantang, yang sering kali digambarkan seperti menemukan jarum di tumpukan jerami, dibantu oleh kondisi cuaca yang menguntungkan saat ini, sehingga memungkinkan tim untuk menemukan puing-puing Harder.

“Ini adalah salah satu kapal selam Perang Dunia II yang paling terkenal dan penemuan angkatan laut yang bersejarah,” Taylor berbagi dengan Live Science. Gambar yang diambil oleh AUV mengungkapkan bahwa USS Harder relatif utuh, bertumpu tegak pada lunasnya, meskipun mengalami kerusakan akibat muatan kedalaman. Kapal selam tersebut, yang kini menjadi kuburan perang yang dilindungi, juga telah menjadi habitat berkembang bagi kehidupan laut.

Halaman Selanjutnya
img_title