UGM: Vu Minh Anh, Mahasiswi asal Vietnam Lulus Cumlaude di Fisipol UGM, Wuihhhh.....

Vu Minh Anh, Mahasiswa asal Vietnam Lulus Cumlaude di UGM
Sumber :
  • ugm.ac.id

Yogyakarta, WISATA – Ada yang berbeda saat berlangsung acara wisuda mahasiswa UGM pada Rabu (22/5/2024) pekan lalu.

Di antara mahasiswa yang diwisuda, ada sosok Vu Minh Anh.

Vu Minh Anh merupakan salah satu dari 1.423 lulusan UGM yang diwisuda di Grha Sabha Pramana, Kampus UGM Bulaksumur.

Gadis asal Vietnam ini, menyelesaikan pendidikan S1 jalur International Undergraduate Programs (IUP) International Relations, Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik (Fisipol) UGM, dan lulus dengan predikat cumlaude.

Ditemui di sela waktunya menyelesaikan administrasi kepengurusan ijazahnya di Fisipol UGM, pada Selasa (28/5), Vu Minh mengaku senang dan bangga, bisa menyelesaikan pendidikan sarjananya di kampus UGM.

Ia masih ingat, ketika datang ke Indonesia untuk pertama kalinya sebagai pelajar Vietnam, memilih kuliah di Indonesia merupakan sebuah keputusan terbesar dalam hidupnya.

Apalagi, ia sempat mengalami kesulitan bahasa dan perbedaan budaya yang membuatnya sulit untuk berkomunikasi dan berinteraksi dengan banyak orang.

Ia mengaku senang selama masa kuliah, ia mendapat teman baru lintas negara yang selalu mendukungnya.  

“Saya merasa senang, ini menjadi salah satu pencapaian di hidup saya,” ujar Vu Minh.

Soal pilihannya untuk memilih kuliah di UGM,  Vu Minh mengaku ia awalnya mendapat informasi tentang UGM dari kerabat keluarganya, sebab mereka pernah tinggal dan bekerja di Indonesia selama beberapa tahun.

“UGM menjadi universitas yang direkomendasikan karena dianggap sebagai salah satu perguruan tinggi terbaik Indonesia yang sering membuka program beasiswa,” kata Vu Minh menirukan salah satu anggota keluarganya.

Selanjutnya, Vu Minh mencari informasi tentang beasiswa UGM.

Ia pun ikut mendaftar dan akhirnya diterima di jalur IUP Prodi Hubungan Internasional melalui beasiswa Fisipol UGM ASEAN+1 Scholarship Programs (FIAS).

UGM: 1.797 Lulus Program Sarjana, Didominasi Perempuan, IPK Tertinggi 3,97

Gedung Pusat UGM

Photo :
  • Tom Blero
“Waktu itu saya melihat tawaran meliputi pembiayaan penuh pendidikan, uang saku bulanan, dan studi kultural. Jadi saya memutuskan untuk mengambil kesempatan itu,” ucapnya.

Seperti diketahui, Vu Minh merupakan salah satu mahasiswa penerima beasiswa Fisipol UGM ASEAN+1 Scholarship Programs (FIAS).

Halaman Selanjutnya
img_title