10 Tanaman Tradisional yang Dipakai untuk Merawat Pakaian

Eupatorium fortunei
Sumber :
  • Instagram/greenfarm.official

Malang, Wisata – Pada masa sekarang ini untuk merawat pakaian, seperti mencuci dan menyimpannya dalam lemari semua menggunakan sabun dan pengharum yang telah tersedia di pasaran. Anda tinggal beli dan pakai.

MARSELINO FERDINAN: Masih Berusia 19 Tahun, Bakal Dipanggil Indra Sjafri untuk Timnas U-19?

Untuk mencuci pakaian biasa digunakan sabun cuci atau detergen, dapat juga ditambah pelembut dan pewangi. Kemudian disetrika dan disimpan dalam lemari, biasanya diberikan kamfer atau kapur barus, bahkan tidak diberikan apa pun karena pakaian sudah wangi setelah dicuci dan disetrika.

Ada tanaman tradisional yang pada zaman dahulu digunakan untuk merawat pakaian tanpa menggunakan bahan kimia. Meskipun sekarang ini sudah jarang digunakan, tak ada salahnya Anda melakukan perawatan pakaian seperti orang-orang terdahulu. 10 di antara tanaman tradisional yang digunakan untuk merawat pakaian yaitu:

ELKAN BAGGGOTT: Ikut Latihan Klub Ipswich Town Jelang Bergulirnya Liga Inggris, Akan Bertahan?

1. Lerak (Sapindus rarak)

Sapindus rarak

Photo :
  • wikipedia
PRATAMA ARHAN: Akhirnya, Masuk dalam Daftar Susunan Pemain Klub Suwon FC

Lerak atau dikenal juga sebagai rerek atau lamuran adalah tumbuhan yang dikenal karena kegunaan bijinya yang dipakai sebagai deterjen tradisional. Batik biasanya dianjurkan untuk dicuci dengan lerak karena dianggap sebagai bahan pencuci paling sesuai untuk menjaga kualitasnya. 

2. Lengkuas Melaka (Alpinia malaccensis)

Halaman Selanjutnya
img_title