Riwayat Rumah Tangga dan Pernikahan Socrates yang Membuat Dirinya Menjadi Bijak

Socrates dalam lukisan
Sumber :
  • naver

Malang, WISATA - Socrates, salah satu tokoh paling terkenal dalam sejarah filsafat, dikenal karena kebijaksanaannya yang mendalam. Namun, sedikit yang tahu bahwa bagian dari kebijaksanaan tersebut mungkin berakar dari pengalaman-pengalaman pribadinya dalam rumah tangga dan pernikahannya. Artikel ini akan menjelajahi riwayat rumah tangga dan pernikahan Socrates yang konon telah membentuk karakter dan pemikirannya menjadi lebih bijak.

Seneca: "Bukan Berapa Lama Kita Hidup yang Penting, Tetapi Bagaimana Kita Hidup"

Masa Muda dan Pernikahan Awal

Socrates lahir sekitar tahun 470 SM di Athena, Yunani. Pada usia yang masih muda, dia menikah dengan seorang perempuan bernama Xanthippe, meskipun sedikit yang diketahui tentang pernikahan ini. Xanthippe dikatakan memiliki sifat yang keras dan temperamen yang sulit, yang menjadi sumber beberapa cerita anekdot tentang Socrates dalam literatur klasik.

Seneca: "Banyak Orang Menjalani Kehidupan yang Lama, Tapi Sedikit … "

Hubungan dengan Xanthippe

Meskipun tidak banyak yang diketahui tentang hubungan mereka, Xanthippe sering diabadikan dalam literatur sebagai simbol perempuan yang cerewet dan mengganggu. Namun, sebagian ahli meyakini bahwa pandangan ini mungkin terlalu disederhanakan. Beberapa sumber menyiratkan bahwa Socrates dan Xanthippe memiliki hubungan yang kompleks, dan bahwa dia mungkin telah memengaruhi pemikiran dan filosofi Socrates dengan caranya sendiri.

9 Quote dan Kutipan Terbaik dari Francis Bacon Diambil dari "Essays" (1597-1625)

Keluarga dan Kehidupan Rumah Tangga

Socrates dan Xanthippe memiliki tiga orang anak, meskipun mereka tidak terlalu banyak disebutkan dalam catatan sejarah. Kehidupan rumah tangga mereka diyakini tidak kaya akan kemewahan materi, tetapi mereka tetap bersatu dalam kehidupan yang sederhana dan penuh dedikasi satu sama lain. Meskipun tidak banyak yang diketahui tentang detail sehari-hari kehidupan mereka, pernikahan mereka diyakini memberikan kontribusi pada pembentukan karakter Socrates sebagai seorang filsuf.

Halaman Selanjutnya
img_title