Ukraina Temukan Monumen seperti Stonehenge Megalitik Berusia 5.000 Tahun

Structure Mirip Stonehenge
Sumber :
  • Facebook/archaelogynewsnetwork.com

Malang, WISATA – Penggalian arkeologi masih mengungkap aspek sejarah yang masih membingungkan sebagian orang. Demikian halnya dengan para arkeolog yang sedang menjalankan misi di Ukraina di desa Novooleksandrivka, sekitar sepuluh kilometer selatan kota Dnipro. 

Ahli Arkeoastronom Teliti Hubungan Misterius antara Bulan dan Stonehenge

Menurut mereka, mereka menemukan sebuah tempat di mana balok-balok batu setinggi beberapa meter membentuk lingkaran. Dalam arkeologi, ini dikenal sebagai Cromlech (monumen megalitik yang terbuat dari menhir berbentuk lingkaran) atau stonehenge, berdasarkan yang ada di Inggris: The Stonehenge di Amesbury, yang menarik jutaan pengunjung setiap tahunnya. Penemuan orisinal untuk Ukraina!

Dilansir dari archaeologynewsnetwork.com, telah ditemukan gundukan kuburan berusia 4.500 hingga 5.000 tahun. “Di tengah tumulus (Kurgan di Ukraina), para arkeolog menemukan balok batu cromlech raksasa setinggi beberapa meter yang membentuk lingkaran.”

Lingkaran Batu Castlerigg Stone Circle 700 Tahun Lebih Awal dari pada Stonehenge

Menurut laporan jurnalistik, setiap balok batu memiliki berat sekitar satu ton. Balok-balok tersebut dipotong dengan hati-hati menjadi sebuah lingkaran. Dibandingkan dengan piramida Mesir, sisi ini bahkan lebih tua dari 500 tahun. 

Novooleksandrika bukanlah Stonehenge pertama yang ditemukan di Ukraina, tapi ini yang termuda. Dan yang paling penting, tampaknya ini adalah yang terbesar yang pernah ditemukan. 

Garuda Muda Hadapi Ukraina di Toulon Cup 2024: Daftar Susunan Pemain Timnas Indonesia U-20

Oleksandr Kolomytsev, juru bicara layanan jalan regional, menjelaskan: "Pembangunannya melibatkan pemindahan tanah dalam jumlah besar dan tenaga kerja dalam jumlah besar.

Ada kemungkinan bahwa orang yang dikuburkan dan dilindungi oleh Cromlech sangat dihormati di masyarakat. Inilah satu-satunya cara untuk menjelaskan karakter monumental dari konstruksi ini." 

Halaman Selanjutnya
img_title