Makam Berwarna-warni Berusia 4000 Tahun Ditemukan di Saqqara, Mesir

Pemandangan dalam Makam
Sumber :
  • Facebook/archaelogynewsnetwork.com

Malang, WISATA – Di Mesir, penemuan arkeologi tidak pernah berakhir. Hal ini menjadi lebih jelas dengan ditemukannya makam berwarna-warni baru-baru ini di Saqqara, rumah bagi beberapa piramida paling awal di Mesir. 

Dua Sphinx yang Menggambarkan Kakek Raja Tut Ditemukan di Mesir

Makam yang sangat terpelihara dengan baik ini berisi lukisan dinding berwarna-warni yang terlihat seperti dilukis kemarin, padahal kenyataannya makam tersebut dibuat berusia lebih dari 4.000 tahun.

Untuk merayakan penemuan tersebut, Prof Khaled al-Enani – Menteri Purbakala Mesir – baru-baru ini memimpin lebih dari 50 pejabat asing dalam tur mengunjungi situs tersebut. 

Lusinan Mumi Kucing Ditemukan di Makam Mesir Berusia 6.000 Tahun

Dipercaya bahwa makam yang terletak di dalam pekuburan besar ini dibuat pada masa Dinasti Kelima. 

Periode ini berlangsung dari awal abad ke-25 SM hingga pertengahan abad ke-24 SM dan dikenal sebagai masa ketika doa penguburan mulai diukir di makam kerajaan. 

Para Arkeolog Menemukan Sphinx Terkubur Lainnya di Mesir

Dalam kasus khusus ini, makam luar biasa diciptakan untuk seorang pejabat bernama Khuwy.

Beberapa aspek dari makam tersebut membuat para peneliti percaya bahwa Khuwy adalah orang yang sangat penting. Secara arsitektur, pintu masuknya berbentuk terowongan, yang merupakan fitur yang biasanya disediakan untuk piramida - makam para firaun. Secara artistik, warna lukisan dianggap 'warna kerajaan' oleh para pejabat. 

Halaman Selanjutnya
img_title