Gua Terbesar yang Pernah Ditemukan di Bumi, Saking Besarnya Hingga Punya Ekosistemnya Sendiri

Gua Son Doong di Vietnam
Sumber :
  • Facebook/archaelogynewsnetwork.com

Malang, WISATA – Gua Son Doong di Vietnam adalah lorong gua terbesar di dunia. Sistem gua yang besar dan rumit ini diciptakan oleh air yang merembes dari hutan hujan di atasnya, yang akhirnya terukir di batu. 

Kualifikasi Piala Dunia 2026: Kekalahan dari Irak Menyulitkan Langkah Timnas Indonesia

Jauh di dalam gua terdapat hutan subur yang tumbuh 200 meter di bawah permukaan tanah di area yang atap guanya telah runtuh.

Dilansir dari archaeologynesnetwork.com, Gua Son Doong adalah rumah bagi ekosistem yang mengesankan dengan sistem jalur yang berbahaya, hutan hujan ini adalah destinasi yang tepat. Hingga saat ini, hanya para penjelajah dan sangat sedikit wisatawan yang pernah melihatnya. Apakah Anda berani menjadi salah satunya? 

Parah, Pelatih Filipina Targetkan Timnas Indonesia Jadi Pelampiasan di Kualifikasi Piala Dunia 2026

Untuk sebuah gua yang terletak di dalam taman yang terdaftar di UNESCO, Phong Nha-Ke Bang di Vietnam, cukup mengejutkan karena gua ini pertama kali ditemukan 3 dekade yang lalu - secara tidak sengaja oleh seorang petani setempat. 

Pada tahun 1990, saat mencari perlindungan dari badai di hutan, Ho Khanh menemukan keajaiban alam berusia 3 juta tahun ini dan melaporkannya ke British Caving Research Association. 

Media Vietnam Khawatir Timnas Indonesia Jadi Tantangan Berat di Piala AFF 2024

Namun sayangnya, Khanh kehilangan jejak lokasi persis gua tersebut dan memerlukan waktu hampir 2 dekade lagi agar gua Son Doong dapat ditemukan kembali. 

Luar biasa, pada tahun 2008, Ho Khanh sekali lagi menemukan gua yang sulit dipahami! Untungnya dia ingat lokasinya kali ini dan para ahli akhirnya mulai melakukan penjelajahan, yang akhirnya menentukan Son Doong sebagai gua terbesar di dunia. 

Halaman Selanjutnya
img_title