Tips Mencegah Flu dan Batuk Pilek, Hindari Buah-buahan Jenis Ini Ya!

Buah-buahan
Sumber :
  • pixabay

WisataMusim penghujan telah tiba. Untuk menjaga daya tahan tubuh menghadapi perubahan musim, dan musim hujan seperti sekarang ini para pakar kesehatan menganjurkan untuk mengonsumsi vitamin serta banyak-banyak makan buah dan sayuran supaya tidak mudah sakit, semacam flu atau batuk pilek, yang banyak terjadi selama musim hujan.

Manfaat Daun Sambiloto Bagi Kesehatan, Etno Prana Indonesia yang Wajib Dilestarikan

Untuk menghindari terkena flu sebaiknya Anda juga melakukan tindakan pencegahan. Kebiasaan seperti  mencuci tangan secara rutin dapat membantu mencegah penyebaran virus dan bakteri yang bisa menyebabkan pilek. Kemudian menjaga jarak dari orang yang sedang pilek atau infeksi dapat mengurangi risiko tertular.

Yang juga penting diperhatikan dalam pencegahan adalah membuang segera tisu bekas pada tempat tersendiri atau dalam keadaan terbungkus, karena tisu bekas yang sudah digunakan untuk menyeka hidung rawan sebagai tempat penyebaran virus. Juga membiasakan untuk tutup mulut dan hidung dengan siku saat batuk dan bersin. Dan tidak lupa untuk menggunakan masker - Penggunaan masker dapat mencegah penyebaran virus dan bakteri melalui udara.

RESEP: Nasi Tim Ayam Jamur, Hidangan Sederhana yang Menggugah Selera untuk yang Sedang Sakit Flu

Jangan berbagi peralatan makan karena berbagi peralatan makan dapat memudahkan penyebaran virus dan bakteri. Selanjutnya adalah makan makanan sehat seperti sayur dan buah, dan berolah raga secara teratur.

Tetapi perlu diperhatikan, bahwa tidak semua buah-buahan cocok dikonsumsi untuk menderita pilek atau influensa lho. Berikut ini dikompilasi dari hellosehat.com dan berbagai sumber lainnya buah-buahan yang tidak disarankan untuk dikonsumsi ketika Anda sedang menderita flu dan batuk pilek,

KUALIFIKASI PIALA DUNIA 2026: Pukul 14.00 WIB Nanti, Drawing Putaran Ketiga, Ini Live Streamingnya

- Jeruk: Meskipun kaya akan vitamin C, tingginya asam dalam jeruk berpotensi mengiritasi tenggorokan dan meningkatkan produksi dahak di dalam saluran pernapasan.

- Pisang: Pisang memiliki kandungan histamin yang cukup tinggi. Histamin merupakan zat yang diproduksi oleh sistem imun ketika tubuh terpapar pemicu alergi (alergen). Konsumsi makanan yang mengandung histamin dapat menyebabkan peradangan dan iritasi pada tenggorokan.

Halaman Selanjutnya
img_title