Selain Bermanfaat Bagi Banyak Orang, Inilah Manfaat Donor Darah yang Mungkin Belum Anda Ketahui

ilustrasi donor darah
Sumber :
  • pixabay

WISATA – Donor darah adalah sebuah kegiatan sosial yang sangat bermanfaat bagi banyak orang, baik untuk orang yang menerima maupun yang memberikan darah.

Holiday Inn Express Jakarta Wahid Hasyim Gelar "Giving For Good 2023" dengan Kel. Kebon Kacang

Umumnya orang memutuskan untuk donor darah karena berbagai alasan, tetapi biasanya karena mereka ingin membantu orang lain yang membutuhkan transfusi darah. Selain itu donor darah juga bisa memberikan manfaat kesehatan bagi pendonor. Seperti memperlancar aliran darah, menyeimbangkan zat besi, dan lain lain. Donor darah juga bisa menjadi kesempatan untuk melakukan pemeriksaan kesehatan dasar, karena sebelum mendonorkan darahnya, pendonor harus memenuhi beberapa syarat kesehatan.

Selain itu dilansir dari beberapa media kesehatan, ada banyak manfaat penting donor darah lainnya yang mungkin belum Anda ketahui, misalnya sebagai berikut :

  • Donor darah dapat meningkatkan produksi sel darah merah. Sel darah merah berfungsi untuk mengangkut oksigen ke seluruh tubuh.
  • Donor darah dapat mengurangi risiko penyakit jantung dan pembuluh darah. Donor darah dapat menurunkan kekentalan darah, yang dapat mengurangi gesekan antara darah dan dinding pembuluh darah.
  • Donor darah dapat menurunkan risiko kanker. Donor darah dapat membantu mengeluarkan kelebihan zat besi dari tubuh. Zat besi yang berlebihan dapat menyebabkan stres oksidatif, yaitu kondisi di mana radikal bebas menyerang sel-sel tubuh dan menyebabkan kerusakan DNA.
  • Donor darah dapat membakar kalori. Donor darah dapat membantu Anda menurunkan berat badan dengan cara membakar kalori. Menurut American Journal of Clinical Nutrition, donor darah dapat membakar sekitar 650 kalori per sesi. Namun, ini bukan berarti Anda bisa makan sembarangan setelah donor darah. Anda tetap harus menjaga pola makan sehat dan seimbang.
Halaman Selanjutnya
img_title
22 Kutipan Master Cheng Yen Pendiri Tzu Chi yang Menginspirasi dan Penuh Makna Kehidupan