Keputusan ‘Menidurkan’ Anjing Peliharaan? Apakah Ini Sebuah Pilihan?

German Sheperd
Sumber :
  • pixabay

Malang, WISATA – Anjing adalah keluarga sekaligus sahabat terbaik yang akan selalu menjadi bagian penting dalam kehidupan setiap pemilik anjing. Namun sayangnya, rentang hidup mereka lebih pendek dibandingkan manusia atau kadang ada hal yang membuat mereka 'pergi' lebih dulu.

Kematian Socrates: Pengorbanan Abadi yang Terus Menginspirasi Pencari Kebenaran

Beberapa anjing mungkin dapat menghembuskan nafas terakhir dengan damai tanpa merasakan rasa sakit, namun beberapa anjing lain harus berjuang karena mengalami sakit parah, terluka/cedera karena suatu hal, atau mengalami kualitas hidup yang menurun karena usia mereka yang sudah sangat tua, atau mengidap penyakit keturunan yang sulit disembuhkan.  Saat berada dalam situasi ini, pemilik anjing mungkin dihadapkan dengan keputusan sulit yang menyakitkan.

Menurut pets.webmd.com, semua pemilik anjing pasti berharap bahwa anjing peliharaannya akan meninggalkan dunia ini tanpa merasakan rasa sakit, namun kenyataannya hal itu belum tentu terjadi. Kebanyakan orang merasa bahwa hal yang benar adalah membiarkan alam yang bekerja, namun kematian secara alami bukan hal yang baik jika itu berarti memperpanjang rasa sakit atau penderitaan yang dirasakan anjing mereka. Pada saat seperti itu saran dari Veterinarian untuk mengambil opsi euthanasia mungkin perlu untuk dipertimbangkan.

Socrates dan Hemlock: Simbol Keteguhan Prinsip dalam Dunia yang Penuh Kompromi

Setiap hari yang kita miliki bersama anjing peliharaan adalah sangat berharga. Tetapi pertimbangan untuk menunda waktu lebih lama, akan membuat kualitas hidup anjing peliharaan semakin buruk.

Drh Kelvin dari webmd.com mengatakan bahwa dalam pekerjaannya sebagai drh onkologi, sering kali ia bekerja dengan klien yang anjingnya memiliki kondisi penyakit kronis dan mematikan, sangat sedikit dari mereka yang mengatakan bahwa mereka telah membuat keputusan yang terlalu cepat. Namun, ia malah sering mendengar bahwa mereka merasa telah menunda terlalu lama.  

Munaslub Ancam Kestabilan Kadin Indonesia, Arsjad Rasjid: Kita Harus Tegak pada Hukum

Rasa sakit kehilangan anjing peliharaan sudah cukup sulit belum ditambah dengan penyesalan atas penderitaan yang mereka lalui.

“Jadi ketika tiba waktunya untuk keputusan ini, Anda harus tahu bahwa Anda melakukannya untuk anjing Anda,” lanjut drh Kelvin.

Halaman Selanjutnya
img_title