Kedalaman yang Diperlukan untuk Menanam Tomat di Kebun Anda

Menanam Bibit Tomat
Sumber :
  • epicgardening.com

Malang, WISATA – Apakah Anda menggali tanah cukup besar seukuran bola akar tanaman untuk menanam tomat

Berikan Air yang Cukup untuk Bunga Mawar Anda supaya Tumbuh Sehat dan Mekar Luar Biasa

Menanam tomat jauh di dalam tanah memungkinkan mereka mengembangkan sistem akar yang luas sehingga menghasilkan tanaman yang sehat dan panen yang besar. 

Tomat adalah tanaman yang peka terhadap embun beku dan musim tanam yang panjang, orang sering kali menanam benih di dalam ruangan dan memindahkan bibit ke luar ruangan beberapa bulan kemudian. Meskipun banyak orang mengetahui pentingnya waktu tanam yang tepat, hanya sedikit orang yang mengetahui kedalaman tanam ideal mereka. 

RESEP: Cara Mudah Membuat Sup Merah, Hidangan dari Surabaya

Meskipun tidak ada satu kedalaman tanam terbaik untuk semua tanaman tomat, menanam beberapa batang di bawah tanah akan menghasilkan tanaman yang lebih sehat dan panen yang lebih besar. Aturan yang baik adalah mengubur separuh tanaman tomat Anda di bawah tanah dan membiarkan separuh lainnya terbuka. Misalnya, kubur tanaman setinggi 12 inci, enam inci-nya di bawah permukaan tanah. 

Bila Anda menanam tanaman lain selain tomat, seperti selada, kangkung, atau paprika, Anda mungkin akan menggali lubang seukuran bola akar tanaman, menyelipkan bibit ke dalam tanah dan menutupi bagian atas bola akar yang terbuka dengan sedikit tanah.

Tips Mudah Menanam Tomat Supaya Tumbuh dengan Cepat dan Berbuah Lebat.

Ada dua alasan utama mengapa menanam bibit sejajar dengan permukaan tanah akan memberikan hasil yang baik bagi banyak tanaman.  Pertama, menjaga daun dan batang tanaman tetap di atas tanah untuk mencegah pembusukan. Kedua, kedalaman tanam ini juga memastikan titik pertumbuhan dataran rendah tetap berada di atas permukaan tanah dan terus tumbuh.

Namun tomat sedikit berbeda, batangnya kuat sehingga tidak membusuk jika diletakkan di bawah tanah. Sebaliknya, mereka akan menumbuhkan lebih banyak akar. Dan karena tanaman tomat tumbuh dari meristem apikal yang ada di bagian atas tanaman, Anda tidak perlu khawatir akan menghambat pertumbuhan tanaman dengan mengubur bagian bawah batang di bawah permukaan tanah. 

Halaman Selanjutnya
img_title