Akhir Tahun Tiba, Saatnya Membuat Evaluasi dan Resolusi

Resolusi
Sumber :
  • pexels/breakingpic

Makassar, WISATA – Sobat WISATA, akhir tahun telah tiba, saatnya kita membuat evaluasi untuk tahun yang sudah dilalui dan resolusi untuk tahun mendatang. Mengapa membuat evaluasi dan menyusun resolusi penting? Penting karena sangat bermanfaat untuk membuat hidup kita lebih tertata dan memudahkan kita mencapai target-target yang sudah kita tetapkan.

Mungkinkah Data yang Sudah Diretas Kembali Normal Seperti Sebelumnya? Berikut Penjelasannya

Evaluasi berarti melakukan penelaahan capaian kita dalam setahun yang telah kita jalani. Apakah ada hal yang hebat terjadi, apakah ada kesulitan-kesulitan dan bagaimana solusi kita dalam menghadapinya. Setelah melakukan evaluasi, kita akan menemukan apa-apa saja yang belum tercapai dalam satu tahun dan kita akan memutuskan apakah hal yang belum tercapai itu akan kita tuliskan kembali dalam resolusi untuk tahun berikutnya, atau cukup sampai di sini.

Evaluasi mudah dilakukan jika kita memiliki jurnal/diary yang kita isi setiap hari sehingga seluruh aktivitas kita tercatat. Dalam membuat evaluasi, jangan lupa untuk menuliskan juga apa sebabnya cita-cita tidak tercapai, demikian pula sebaliknya apa yang membuat kita sukses dan memperoleh suatu capaian.

Belajar dari Kasus PDN, Pentingnya Pendidikan dan Investasi Cybersecurity

Setelah kita membuat evaluasi, itu akan menjadi dasar kita dalam membuat resolusi tahun baru. Resolusi adalah keinginan dan target-target yang ingin kita capai dalam setahun. Sebaiknya kita meluangkan waktu khusus misalnya di tengah malam yang hening, ketika menyusun resolusi.

Resolusi tahun baru tidak usah terlalu banyak karena nanti Anda akan kewalahan sendiri dalam memenuhinya. Agar lebih terpetakan dengan baik, sebaiknya resolusi dibagi menjadi beberapa bagian seperti berikut:

YOGYAKARTA: Isi Liburan Sekolah dengan Aneka Kreasi Bersama Perpustakaan Kota

1. Resolusi karier

Resolusi karier adalah resolusi yang ingin dicapai dalam bidang karier masing-masing. Pada dasarnya setiap orang memiliki keinginan untuk menjadi lebih baik setiap harinya, tentu demikian juga dengan peningkatan karier. 

Halaman Selanjutnya
img_title