Awas, Macet Karena Meningkatnya Volume Kendaraan Saat Long Weekend Hari Kenaikan Yesus Kristus

Ilustrasi Suasana arus lalu lintas di Gerbang Tol Cikampek Utama.
Sumber :
  • viva.co.id

Jakarta, WISATA - PT Jasa Marga (Persero) Tbk memproyeksikan lonjakan volume kendaraan yang meninggalkan wilayah Jakarta, Bogor, Tangerang, dan Bekasi (Jabotabek) selama libur Hari Kenaikan Yesus Kristus 2024. Diprediksi sebanyak 808.620 kendaraan akan bergerak keluar Jabotabek dalam rentang waktu H-1 hingga H+3, mulai dari Rabu, 8 Mei 2024 hingga Minggu, 12 Mei 2024.

Peringatan Hari Kebangkitan Nasional 20 Mei, Tingkatkan Cinta Tanah Air dan Semangat Nasionalisme

Faiza Riani, Kepala Departemen Pemasaran & Komunikasi Jasa Marga, menyampaikan bahwa angka tersebut mencakup total arus lalu lintas dari 4 Gerbang Tol (GT) Utama, yaitu GT Cikupa (menuju Merak), GT Ciawi (menuju Puncak), GT Cikampek Utama (menuju Trans Jawa), dan GT Kalihurip Utama (menuju Bandung).

"Total volume lalu lintas yang meninggalkan Jabotabek naik sebesar 9,8 persen dibandingkan hari-hari normal," ujar Faiza dalam keterangan resminya pada Kamis, 9 Mei 2024.

Gamma Grape Experience Tempat Wisata Petik Buah Baru yang Wajib bagi Anda Penggemar Anggur

Menurut Faiza, distribusi kendaraan yang keluar dari Jabotabek terbagi menjadi tiga arah, dengan jumlah kendaraan tertinggi menuju arah Timur (Trans Jawa dan Bandung) mencapai 376.706 kendaraan (46,6 persen). Mayoritas dari kendaraan tersebut menuju arah Bandung.

"Ada juga 245.240 kendaraan (30,3 persen) menuju arah Barat (Merak), dan 186.674 kendaraan (23,1 persen) menuju arah Selatan (Puncak)," tambahnya.

Legenda Belanda Tak Sabar Hadapi Timnas Indonesia dalam Laga Uji Coba: "Mereka Saudara Jauh Kami"

Faiza memperkirakan puncak volume lalu lintas tertinggi yang meninggalkan Jabotabek akan terjadi pada hari Kamis, 9 Mei 2024, dengan proyeksi mencapai 186.322 kendaraan atau naik sebesar 32,9 persen dibandingkan hari biasa.

Jasa Marga Group telah memastikan bahwa layanan operasi jalan tol berjalan optimal, terutama di ruas tol yang menjadi destinasi favorit wisatawan selama libur panjang, seperti Jalan Tol Jagorawi menuju Puncak dan sekitarnya, serta Jalan Tol Jakarta-Cikampek dan Jalan Tol Cipularang menuju arah Trans Jawa dan Bandung.

Halaman Selanjutnya
img_title