Squid Game hanya Bikin Kaya Netflix, Penciptanya Hampir Tak Dapat Apa-apa

Drama 'Squid Game' yang Fenomenal
Sumber :
  • Instagram/rap

Malang, WISATA – DramaSquid Game’ produksi Netflix telah menjadi bahan pembicaraan secara luas dan populer secara global. Sampai saat ini penciptanya hampir tidak pernah dikenal bahkan disebut. Siapa yang tahu ‘Squid Game’ itu ide siapa? Yang diketahui hanyalah ‘Squid Game’ milik Netflix.

DRAKOR: Go Min-Si dan Kang Ha-Neul akan Bintangi Drama Rom-Com ‘Your Taste’ yang Rilis Tahun 2025

Dilansir dari ign.com pencipta ‘Squid Game’ Hwang Dong-Hyuk mengatakan bahwa ciptaannya yang sukses besar pada tahun 2021 tidak membuatnya kaya. Sedangkan ‘Squid Game’ sendiri telah meningkatkan nilai internal Netflix sebesar $ 900 juta. Hwang telah kehilangan semua hak kekayaan intelektual dan tidak menerima residu.

Dalam suatu wawancara, Hwang telah menghabiskan waktu hampir sepuluh tahunan untuk mencoba menjual ceritanya yang merupakan salah satu alasan dia ingin menandatangani kontrak dengan  raksasa streaming tersebut. Diceritakan dalam kehidupannya bersama ibu dan neneknya pada waktu itu, dia bahkan sampai harus menjual laptopnya seharga $ 675 hanya untuk mendapatkan uang. Ketika akhirnya Netflix mengambil acara tersebut, sebagai balasannya Hwang kehilangan semua hak dan royalty atas apa yang menjadi satu acara terbesar layanan streaming tersebut.

DRAKOR: Inilah 4 Drama Korea Terpanas yang Tayang Bulan Juli 2024, Baca Dulu Sinopsisnya! (1)

Secara singkat kisah hidup Hwang digunakan untuk menggambarkan bahwa Netflix mendapat untung dari drama Korea sedangkan penciptanya hanya mendapatkan bagian yang sangat sedikit. Bayangan bahwa ciptaannya akan ditonton oleh seluruh dunia, tetapi sekarang dia tidak mendapatkan apa-apa.

Menurut informasi, residu biasanya dinegosiasikan melalui Asosiasi Penulis Televisi dan Radio Korea, tetapi Netflix tidak mendapatkan kesepakatan dengan kelompok tersebut. Penulis biasanya menerima uang muka sekitar $ 30.000 sampai $ 150.000. Sedangkan sebuah drama setelah memakan waktu dua hingga tiga tahun, sang penulis sudah tidak menerima uang lagi.

DRAKOR: Chun Woo-Hee akan Bintangi Drama Baru oleh sutradara ‘Yumi’s Cells’ Bersama Song Joong-Ki

Menurut Netflix ketika dikonfirmasi, menyatakan bahwa pihaknya telah membayar tarif secara adil dan kompetitif serta menetapkan standar yang jelas bagi para mitranya. Dan standar ini sudah memenuhi Undang-undang Korea. Di luar itu, Netflix mengklaim, bahwa investasinya di industri film Korea telah menciptakan lapangan kerja bagi ribuan orang lokal.

Musim kedua ‘Squid Game’ telah memulai syuting pada bulan Juli ini di mana akan memiliki skala yang lebih besar dan akan memakan waktu yang lebih lama dari pada yang pertama. Menurut informasi dari aktor utama Lee Jung-Jae, Hwang juga ikut bekerja di dalamnya.