INFO HAJI: Jemaah Haji Indonesia Siap Memulai Proses Kepulangan dari Tanah Suci

Ketua PPIH Arab Saudi, Subhan Cholid
Sumber :
  • kemenag.go.id

Makkah, WISATA- Jemaah haji Indonesia saat ini tengah memasuki fase puncak ibadah haji di Arafah - Muzdalifah - Mina. Fase ini akan berlangsung hingga tanggal 1 Juli 2023.

83 % Jemaah Haji Indonesia yang Wafat dalam Ibadah Haji Tidak Miliki Izin Resmi

Selanjutnya, jemaah akan memulai proses kepulangan ke Tanah Air. Ketua Petugas Penyelenggara Ibadah Haji (PPIH) Arab Saudi 1444 H/2023 M, Subhan Cholid, mengumumkan bahwa proses kepulangan jemaah haji Indonesia akan dimulai pada tanggal 4 Juli 2023.

"Kelompok terbang (kloter) pertama jemaah haji Indonesia akan dipulangkan ke Tanah Air mulai tanggal 4 Juli 2023. Penimbangan koper akan dilakukan dua hari sebelum keberangkatan jemaah," ungkap Subhan Cholid setelah memimpin rapat persiapan kepulangan jemaah di Daker Makkah pada Kamis (29/6/2023).

INFO HAJI 2024: Sekali Lagi, Jangan Bawa Air Zamzam di Koper Bagasi, Bisa Kena Denda Rp25 Juta

"Jadi, penimbangan barang akan dilakukan pada tanggal 2 Juli 2023," tambahnya.

Terdapat beberapa aturan terkait barang bawaan yang perlu dipahami oleh jemaah. Subhan meminta maskapai penerbangan, baik Garuda Indonesia maupun Saudia Airlines, untuk secara massif melakukan sosialisasi.

INFO HAJI 2024: Bus Shalawat Berhenti Operasi Jumat Dini Hari, Jemaah Diimbau Salat Jumat di Hotel

"Sejak awal, Kemenag telah memberikan pemahaman kepada jemaah mengenai aturan barang bawaan. Terdapat batasan maksimal berat koper sebesar 32kg. Selain itu, ada beberapa barang yang dilarang untuk dibawa," jelas Subhan.

"Karena ini merupakan ketentuan dari maskapai, saya meminta agar pihak maskapai melakukan sosialisasi secara massif," lanjutnya.

Halaman Selanjutnya
img_title