LEBARAN 2024: Cak Santo, Waspada Sebelum Meninggalkan Rumah untuk Mudik Lebaran

Kepala Desa Tukum, Lumajang, Cak Santo
Sumber :
  • infopublik.id

Lumajang, WISATA Kepala Desa Tukum, Lumajang, Jawa Timur yang akrab disapa Cak Santo mengimbau warga yang hendak melakukan mudik ke kampung halaman untuk berlebaran.

Imbauan tersebut disampaikan, sebagai upaya untuk memastikan keselamatan dan keamanan rumah warga selama perayaan Lebaran.

Cak Santo menekankan pentingnya upaya untuk memastikan semua peralatan rumah tangga yang berpotensi menjadi sumber bahaya seperti kompor dan kran air, sudah dimatikan sepenuhnya.

Langkah tersebut diambil untuk mencegah terjadinya kebakaran atau kebocoran air, yang dapat menyebabkan kerugian yang tidak diinginkan bagi keluarga.

Selain itu, tentang penitipan hewan piaraan kepada teman atau tetangga terdekat.

Hal tersebut dimaksudkan untuk memastikan, bahwa hewan piaraan tidak mengalami kelaparan atau kesulitan selama pemiliknya pergi mudik.

“Langkah ini juga akan membantu mengurangi potensi gangguan atau kecelakaan yang disebabkan oleh hewan yang dibiarkan tanpa pengawasan,” ujar Cak Santo (4/4/2024).

Terakhir, Cak Santo menyarankan warga untuk menggunakan jasa keamanan rumah atau berkoordinasi dengan Ketua RT setempat.

Gunung Semeru Erupsi Lagi, Pemerintah Himbau Masyarakat Menjauh Radius 5 Km

Kepala Desa Tukum, Lumajang, Cak Santo

Photo :
  • infopublik.id

Langkah ini bertujuan untuk meningkatkan pengawasan dan keamanan rumah selama pemiliknya tidak berada di tempat.

“Dengan adanya bantuan dari pihak keamanan atau Ketua RT, diharapkan rumah-rumah warga dapat terjaga dari tindakan kriminal atau peristiwa yang tidak diinginkan selama masa mudik,” harapnya.

Cak Santo juga berharap dengan memperhatikan imbauan tersebut, warga yang melakukan mudik dapat lebih tenang dan fokus dalam perjalanan mereka.

Selain itu, ia juga berharap agar mudik dan perayaan Lebaran tahun ini dapat berjalan ceria dan berkesan.

(Sumber: infopublik.id)

LUMAJANG: Unan-Unan, Tradisi Bersyukur dan Pengharapan Suku Tengger