INFO HAJI: Kemacetan Terurai, Keluarga Jemaah Haji Indonesia Tidak Perlu Khawatir

Hilman Latief
Sumber :
  • https://kemenag.go.id/pers-rilis

Muzdalifah, WISATA- Kemacetan yang terjadi di jalur Mina - Muzdalifah akhirnya berhasil terurai. Hal ini membuat perjalanan bus yang membawa jemaah haji menjadi lebih lancar dan mempercepat proses pemberangkatan.

83 % Jemaah Haji Indonesia yang Wafat dalam Ibadah Haji Tidak Miliki Izin Resmi

Dirjen Penyelenggaraan Haji dan Umrah, Hilman Latief, selaku Ketua Petugas Penyelenggara Ibadah Haji (PPIH), menyampaikan kabar baik tersebut di Muzdalifah pada Rabu (28/6/2023). Hilman langsung memantau kondisi jemaah haji dan memberikan penjelasan kepada mereka. Ia juga meminta Mashariq, penyelenggara transportasi, untuk segera menyelesaikan masalah yang terjadi.

Baca juga: Tanggapi Cuitan Anggota DPR Terkait Layanan Katering, Kemenag Bilang “Itu Fitnah”

INFO HAJI 2024: Sekali Lagi, Jangan Bawa Air Zamzam di Koper Bagasi, Bisa Kena Denda Rp25 Juta

Turut mendampingi Hilman adalah Direktur Bina Haji, Arsad Hidayat, Kasatop Armina Harun Al Rasyid, Kabid Siskohat Hasan Affandi, dan sejumlah petugas lainnya.

"Hingga sekitar jam 13.30 waktu Arab Saudi, semua jemaah haji Indonesia sudah naik bus menuju Mina," ungkap Hilman.

INFO HAJI 2024: Jumat Ini, 6 Kloter Pertama Menuju Madinah untuk Kembali ke Tanah Air, Sabtu Esok

Menurut Hilman, keterlambatan proses evakuasi terjadi akibat kemacetan di jalur taraddudi (shuttle) bus yang mengantar jemaah dari Muzdalifah ke Mina. Jalur tersebut juga dilewati oleh jemaah haji dari berbagai negara yang akan melaksanakan lontar jumrah di Mina, sehingga menyebabkan peningkatan kepadatan lalu lintas.

"Jalur taraddudi sejak pagi dipadati oleh bus yang mengantar jemaah. Selain itu, banyak jemaah yang memilih berjalan kaki. Kondisi ini menghambat pergerakan bus yang akan menjemput jemaah di Muzdalifah," jelasnya.

Halaman Selanjutnya
img_title