Peringatan Hari Peduli Sampah Nasional 2024 untuk Penurunan Emisi Gas Rumah Kaca dari Sektor Limbah

Tema HPSN 2024
Sumber :
  • IG/diskominfopku

Jakarta, WISATA – Hari Peduli Sampah Nasional (HPSN) 2024 di Indonesia diperingati setiap tanggal 21 Februari. Tema HPSN 2024 adalah “Atasi Sampah Plastik dengan Cara Produktif”. Kegiatan ini bertujuan untuk mendorong peran semua pihak baik pemerintah daerah, produsen dan masyarakat luas untuk mendukung pemenuhan target nasional dalam penurunan emisi gas rumah kaca dari sektor limbah dan sampah.

Prakiraan Cuaca Daerah Khusus Ibukota Jakarta, Tanggal 3 Juli 2024

HPSN 2024 memiliki berbagai kegiatan yang diselenggarakan di berbagai kota besar. Berikut adalah beberapa kegiatan tersebut:

1. Pameran, Dialog, dan Talk Show yang dilaksanakan di beberapa tempat di Jakarta dan sekitarnya.

DRAKOR: Namgoong Min sedang dalam Pembicaraan untuk Drama Baru ‘Our Movie’

2. Aksi Bersih Negeri dan Tanam Pohon yang dilaksanakan di seluruh Indonesia.

  • Kegiatan ini bertujuan untuk meningkatkan kesadaran masyarakat tentang pentingnya pengelolaan sampah dan lingkungan, serta sebagai bagian dari upaya mitigasi perubahan iklim, pemulihan kualitas lingkungan hidup, dan percepatan Rehabilitasi Hutan dan Lahan.
  • Dilansir  dari ppid.menlhk.go.id, untuk kegiatan ini Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan (KLHK) menggelar aksi penanaman pohon serentak di 38 provinsi di Indonesia sejak 30 Desember 2023 yang melibatkan staf UPT KLHK, Dinas LHK, Aparatur Sipil Negara, dan masyarakat umum/keluarga ASN.
  • Sedangkan di Bogor Menteri Lingkungan Hidup dan Kehutanan memimpin pelaksanaan penanaman yang dilakukan di Cisarua, Bogor. Ada 200 bibit pohon yang ditanam pada kesempatan tersebut.

3. Zero Waste Adventure Camp yang dilaksanakan di Taman Nasional Gunung Merbabu. Dikutip dari tngunungmerbabu.org, kegiatan ini bertujuan untuk mewujudkan pendakian yang bebas sampah atau zero waste. Dengan kegiatan ini, diharapkan dapat meningkatkan kesadaran masyarakat tentang pentingnya pengelolaan sampah, khususnya dalam kegiatan pendakian.

Prakiraan Cuaca Kota Surabaya Jawa Timur, Tanggal 3 Juli 2024

4. Kampanye Kelola Sampah Secara Mandiri: Dilaksanakan di Bandung.

Halaman Selanjutnya
img_title