Hari Kanker Sedunia untuk Tingkatkan Kesadaran dan Pengobatan Dini terhadap Kanker

Hari Cancer sedunia
Sumber :
  • IG/worldcancerdayeo

WISATA – Hari Kanker Sedunia atau World Cancer Day diperingati setiap tanggal 4 Februari. Tujuan peringatan internasional ini adalah untuk meningkatkan kesadaran di seluruh dunia tentang bahaya penyakit kanker. Selain itu, Hari Kanker Sedunia juga untuk mendorong tindakan kerja sama guna mencegah kematian akibat kanker serta akses terhadap pengobatan dan perawatan kanker.

Tayang Perdana, ‘The Auditors’ Cetak Rating 3,5%, Ini Alasan Mengapa Anda Harus Nonton!

Mengutip dari situs Union for International Cancer Control (UICC), Hari Kanker Sedunia 2024 mengusung tema 'Close the Care Gap' atau yang artinya 'Tutup Kesenjangan Perawatan'. Tema ini sebagai pemberitahuan bahwa setiap orang memiliki kemampuan untuk membuat perubahan dan bersama-sama dapat membuat kemajuan nyata dalam mengurangi dampak kanker secara global. Adapun tema kampanye Hari Kanker Sedunia 2024 adalah 'Together, we challenge those in power' yang artinya 'Bersama-sama, kita menantang mereka yang berkuasa'. Bersama-sama, kita akan memastikan para pemimpin kita mengetahui bahwa kita menuntut komitmen untuk memprioritaskan kanker, menciptakan strategi inovatif yang dirancang untuk menghadapi ketidakadilan, dan menginvestasikan sumber daya kita untuk mencapai dunia yang adil dan bebas kanker.

UICC mengajak masyarakat untuk menyerukan kepada para pemimpin agar menghilangkan kesenjangan kesehatan dengan mengatasi akar permasalahannya, memastikan bahwa setiap orang memiliki akses terhadap layanan kesehatan yang berkualitas kapan, di mana, dan bagaimana mereka membutuhkannya. Hari Kanker Sedunia atau World Cancer Day adalah peringatan global oleh Union for International Cancer Control (UICC) untuk meningkatkan kesadaran, pendidikan, dan tindakan tentang pencegahan, deteksi, serta pengobatan diri terhadap kanker.

Benarkah Mengonsumsi Multivitamin Setiap Hari Meningkatkan Risiko Kematian?

Peringatan Hari Kanker Sedunia juga berkaitan dengan berdirinya organisasi UICC pada tahun 1993 di Jenewa, Swiss. Di bawah arahan UICC, Hari Kanker Sedunia pertama kali dirayakan di Jenewa pada tahun yang sama. Hari Kanker Sedunia diresmikan dalam kegiatan World Summit Against Cancer atau KTT Dunia Melawan Kanker pertama yang berlangsung di Paris, Prancis pada tahun 2000. Dokumen berjudul 'Charter of Paris Against Cancer' atau 'Piagam Paris Melawan Kanker', menguraikan komitmen global untuk meningkatkan fasilitasi dan kualitas hidup pasien kanker.

Hingga kini, tanggal 4 Februari diperingati sebagai Hari Kanker Sedunia. Tujuan utama merayakan hari ini adalah untuk mengurangi jumlah pasien kanker dan untuk mengurangi tingkat kematian yang disebabkan karenanya.

Ini Detik-Detik Penggantian Kiswah Ka'bah pada 1 Muharram 1446 H

 

Sumber: rri.co.id