HUT JAKARTA: Yuk, Ikut Workshop Tari Kinang Kilaras….18 Juni 2023

Tari Kinang Kilaras: Ceria, Senang, Menegangkan
Sumber :
  • Youtube: Unit Kesenian Mahasiswa UNJ

WisataTari Kinang Kilaras, sebuah tari etnik Betawi, sepanjang hari Minggu, 18 Juni 2023 ini, akan dibedah oleh penciptanya sendiri, Syarifudin atau yang lebih dikenal dengan Kang Udin.

KAGAMA BEKSAN JABODETABEK: Tampilkan Tiga Tarian Nusantara di Acara Peringatan Hari Tari se-Dunia


Perhelatan ini dirangkum dalam sebuah lokakarya tari bertempat di EQ Dance Studio 2, Pejaten, Jakarta Selatan mulai pukul 9.00 WIB.
Gelaran Workshop Tari Kinang Kilaras ini merupakan rangkaian kegiatan untuk memeriahkan Hari Ulang Tahun Jakarta ke-496.

Penyelenggaranya adalah Kagama Beksan Jabodetabek, sebuah komunitas seni dan budaya tari nusantara yang beranggotakan alumni Universitas Gadjah Mada Yogyakarta (Kagama).

KAGAMA BEKSAN JABODETABEK: Siap Pentaskan Tari untuk Hari Tari se-Dunia di Solo, Senin Malam

Belajar Tari Betawi Kinang Kilaras, Langsung dari Penciptanya

Photo :
  • Dok. Kagama Beksan


Tari Kinang Kilaras merupakan tari muda yang diciptakan tahun 2002. Kata “Kinang” merupakan kata yang diambil dari seorang legenda tari topeng Betawi, Mak Kinang. Tari topeng Betawi sendiri, diciptakan di tahun 1918 oleh Mak Kinang dan Kong Djiun. Hingga kini, masih bertahan dan resmi menjadi cagar budaya DKI Jakarta.
Sedangkan “Kilaras” bermakna gerakan yang selaras, yang mencerminkan gerakan yang harmonis dari para penari yang menarikan tarian ini secara berkelompok.
Gerakan-gerakan dalam Tari Kinang Kilaras terinspirasi dari Gerakan dalam tari topeng dan tari cokek, antara lain:
1. kewer, dimana kaki melangkah ke kiri dengan posisi badan merendah, kepala menghadap ke samping kanan, dengan tangan kanan ditekuk hingga jari-jari menyentuh pundak dan tangan kiri di pinggang.

KAGAMA BEKSAN JABODETABEK, Gelar Bukber dan Latihan untuk Tampil di Hari Tari se-Dunia

Kagama Beksan Jabodetabek Latihan Tari Kinang Kilaras

Photo :
  • Dok. Kagama Beksan Jabodetabek


2. selancar, yaitu gerakan kaki kanan melangkah dengan menggenjot di depan kaki kiri, lutut mengarah diagonal dengan dua lutut menjauh. Sikap badan merendah dengan tangan kanan merentang ke samping sejajar pinggul, telapak tangan ke samping kanan dengan jari-jari ke atas. Adapun lengan kiri serong ke depan siku ditekuk, pergelangan tangan di putar keluar sehingga telapak tangan menghadap diagonal dengan jari-jari mengarah ke bawah. Untuk posisi kepala melihat ke tangan kiri. Sedangkan pada saat kaki kiri melangkah di depan kaki kanan, lutut tetap mengarah diagonal dengan dua lutut terbuka dan melangkah dengan menggenjot kaki.
3. pablang atau pakblang, dimana tumit kaki kanan diletakkan ke samping kanan dengan jari-jari kaki menghadap ke atas. Jarak kaki kiri dan tumit kanan setengah lengan dengan sikap badan lurus ke depan. Adapun siku tangan kiri ditekuk hingga jari-jari tangan kiri menyentuh pundak, sedangkan tangan kanan direntangkan ke samping kanan sejajar pinggang, dengan kepala menghadap ke kiri.
4. blontur atau blongter, berupa gerakan dengan dua tumit kaki merapat dan lutut menghadap serong ke samping. Posisi badan merendah tegak, torso digerakkan ke kanan dan ke kiri sehingga bahu mengikuti gerak torso. Sedangkan siku tangan kanan ditekuk segaris samping dada dengan  telapak tangan menghadap ke depan dan jari-jari menghadap ke atas. Lengan kiri direntangkan sejajar pinggang bersamaan tangan menjimpit selendang dengan jari-jari ke arah bawah. Tidak ketinggalan kepala ditolehkan ke arah kanan dan kiri mengikuti gerak torso.
5. silat, merupakan gerak yang bersifat pengembangan pencak silat bagian dari Pencak Silat Beksi.
6. goyang pinggul (goyang cendol dan goyang plastik), adalah gerakan dengan sikap kaki merapat dan jarak tumit satu kepal. Bersamaan dengan sikap badan merendah, pinggul digoyang ke kanan dan ke kiri dengan kedua siku ditekuk dan tangan diletakkan di pinggang, serta kepala menoleh ke kanan dan ke kiri.
Rumit, ceria, senang, menegangkan… namun lebih seru bila kita praktikkan.

Halaman Selanjutnya
img_title