Yuk Persiapkan Liburan Natal dan Akhir Tahun dengan Menikmati Wisata Jalan Tol Baru

Jalan Tol Bali Mandara
Sumber :
  • IG/vipvoucher.id

Jakarta, WISATA – Liburan akhir tahun dan perayaan Natal sudah di depan mata. Bagi mereka yang menyambut libur Natal 2023 dan Tahun Baru 2024 (Nataru) melalui jalan darat, pemerintah melalui Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) bersiap memberikan pelayanan. Pemerintah memastikan kesiapan jalan tol dan jalan nasional untuk mendukung kelancaran arus lalu lintas bagi mereka yang merayakannya dengan melakukan perjalanan darat.

NATARU : BNPB dan BPBD Membuka Posko di Wilayah Pulau Jawa, Bali dan Lampung 22-31 Desember 2023

Saat ini panjang jaringan jalan nasional di Indonesia adalah 47.603 km dengan kemantapan rata-rata mencapai 92,2%, sementara jalan tol yang sudah operasional sepanjang 2.816 km. Pembangunan jalan tol hingga akhir 2023 ditargetkan sepanjang 357 km. Sampai November 2023 sepanjang 236 km sudah dioperasikan, selanjutnya sepanjang 121 km juga akan dapat dioperasikan fungsional pada saat Nataru.

Menurut Menteri PUPR, Jalan tol di Pulau Jawa yang operasional sepanjang 1.782 km dan dilengkapi 92 TIP. Penambahan ruas tol operasi di Pulau Jawa sepanjang 90,6 km yaitu Tol Cinere-Jagorawi ruas Kukusan-Jc.Krukut dan Ramp JC Krukut, Tol Cinere-Jagorawi ruas JC Krukut- Cinere, Tol Bekasi-Cawang-Kampung Melayu ruas Jakasampurna-Marga Jaya, Tol Cimanggis-Cibitung ruas Jatikarya-Cikeas, Tol Serpong-Cinere ruas Pamulang-Cinere, Tol Cibitung-Cilincing ruas IC.Tarumajaya-JC Cilincing, Tol Pasuruan-Probolinggo ruas Probolinggo Timur-Gending, Tol Ciawi-Sukabumi ruas Cigombong-Cibadak, Tol Cileunyi-Sumedang-Dawuan ruas Cimalaka-Dawuan, dan Tol Semarang-Demak ruas Sayung-Demak. Sementara Tol Jakarta Cikampek II Selatan ruas Kutanegara-Sadang dan Tol Solo-Yogyakarta-NYIA ruas Kartasura-Karanganom juga akan difungsionalkan selama nataru. 

YOGYAKARTA: Saat Liburan Sekolah, Taman Pintar Dikunjungi 3 Ribu Orang Setiap Hari

 

Ruas Tol operasi baru

Photo :
  • IG/pupr_bpjt
INFO HAJI 2024: Inilah 7 Destinasi Menarik di Kota Madinah, Arab Saudi (Bagian 2)

Sementara itu di Pulau Bali telah siap Tol Bali-Mandara sepanjang 10,1 km dan ruas jalan nasional sepanjang 364,6 km. Sedangkan ruas jalan nasional yang siap digunakan di Pulau Sumatra sepanjang 7.467 km.

 

Halaman Selanjutnya
img_title