Kediri Punya Bandara? Tunggu Desember Ini, ya…

Bandara Dhoho Kediri masih Finishing
Sumber :
  • Tangkap layar Tik Tok/medsoskediri

Kediri, WISATA – Bandara Dhoho Internasional Kediri adalah bandara yang saat ini sedang dibangun di Kediri, yang terletak sekitar 120 kilometer barat daya kota Surabaya, dan akan melayani Kabupaten Kediri, Blitar dan Nganjuk di Jawa Timur, Indonesia. 

KEDIRI: Keren, Bandara Dhoho Resmi Layani Penerbangan Komersial Reguler

Pada hari Jumat tanggal 1 Desember 2023 kemarin, Gubernur Jawa Timur Khofifah Indar Parawansa  meninjau lokasi pembangunan Bandara Dhoho di Kecamatan Tarokan, Kabupaten Kediri. Dalam kunjungan itu, Khofifah menyusuri setiap sudut Bandara Dhoho yang telah memasuki tahap finishing.

Gubernur Jawa Timur Meninjau Pembangunan Bandara

Photo :
  • Tangkap layar Tik Tok/muhyiirmawan
HARI SANTRI 2023: Peringatan Hari Santri 2023, Jadi Momentum Jaga Persatuan

Bandara Dhoho Kediri siap beroperasi Desember ini. Bandara ini memiliki landasan pacu 3.300 m x 45 m yang mampu didarati pesawat terbesar B777-300ER. Dengan jalur perpindahan pesawat atau taxiway sepanjang 306 m x 32 m dan 438 m x 32 m. Gedung terminal 18.224 meter persegi dan berkapasitas 1,5 juta pax per tahun. 

Sebelum dibuka untuk umum, uji coba pendaratan (landing) pesawat juga akan dilakukan pada  bulan Desember ini. Uji coba ini untuk memastikan keamanan landasan pacu pesawat dan sistem penerbangan di Bandara Dhoho Kediri. 

Sektor Manufaktur Juni 2024 Masih Menunjukkan Kinerja Positif, Namun Ada Tanda-Tanda Perlambatan

Direktur PT Surya Dhoho Investama (SDHI) Maksin Arisandi mengatakan,”Semoga kita Desember bisa first landing, kami semua berharap sebenarnya semakin cepat semakin bagus. Tetapi memang ada hal yang kita tidak boleh tinggalkan terkait compliance-nya karena compliance juga penting supaya bandara ini juga bisa beroperasi dari awal itu aman, sehat dan tenang bagi semuanya.” 

Halaman Selanjutnya
img_title