INFO HAJI: Operasional Ibadah Haji Masuk Hari ke-23: Jumlah Jemaah Indonesia Mencapai 142.514 Orang

Juru Bicara PPIH Pusat Akhmad Fauzin
Sumber :
  • https://kemenag.go.id/pers-rilis

Jakarta.WISATA - Penyelenggaraan ibadah haji terus berjalan dengan baik sejak jemaah pertama memasuki asrama haji pada 23 Mei 2023. Hingga tanggal 13 Juni 2023, data dari Sistem Informasi dan Komputerisasi Haji Terpadu (Siskohat) mencatat bahwa jumlah total kedatangan Jemaah Haji Indonesia di Arab Saudi telah mencapai 142.514 orang, yang terdiri dari 370 kelompok terbang.

INFO HAJI 2024: Info Terbaru, 46 Kloter Jemaah Haji Gelombang I Pulang dari Madinah

Dalam keterangan persnya di Media Center Haji (MCH) Asrama Haji Pondok Gede, Jakarta, Juru Bicara PPIH Pusat, Akhmad Fauzin, mengungkapkan bahwa pada hari tersebut sebanyak 7.647 jemaah dan petugas diberangkatkan dari Madinah ke Mekkah. Mereka terbagi dalam 20 kloter. Selain itu, terdapat juga 20.964 jemaah haji yang masih berada di Madinah, yang tergabung dalam 55 kloter.

Sayangnya, Fauzin juga menyampaikan bahwa ada penambahan empat jemaah yang meninggal dunia di Makkah. Mereka adalah Ahmad Ibnu Sholah (43) dari SUB 18, Nurdin Shalahuddin Bin Selamat (70) dari BTH 03, Emi Eman Kadir (64) dari JKG 30, dan Jufri Mahfud Tarni (83) dari KJT 01. Total jemaah yang telah meninggal dunia hingga 13 Juni 2023 pukul 24.00 WIB mencapai 58 orang. Dari jumlah tersebut, 28 orang meninggal di Makkah, 28 orang di Madinah, dan 2 orang di Jeddah. Sesuai ketentuan, jemaah yang meninggal akan dibadalhajikan.

INFO HAJI 2024: Sekali Lagi, Jangan Bawa Air Zamzam di Koper Bagasi, Bisa Kena Denda Rp25 Juta

Selain itu, Fauzin juga menjelaskan bahwa bus shalawat yang mengikuti rute Jamarat - Mahbas Jin - Bab Ali tidak hanya digunakan oleh jemaah haji Indonesia, tetapi juga oleh jemaah haji dari berbagai negara yang tinggal di hotel sekitar wilayah rute tersebut. Oleh karena itu, Fauzin mengimbau para jemaah untuk menghindari waktu padat saat akan pergi ke Masjidil Haram atau pulang ke hotel. Ia menyarankan agar jemaah berangkat satu atau dua jam sebelum waktu salat, dan pulang satu atau dua jam setelah salat berjamaah untuk menghindari kepadatan di Terminal Bab Ali.

Dengan demikian, operasional penyelenggaraan ibadah haji terus berjalan dengan baik, dan PPIH memberikan perhatian dan arahan kepada jemaah haji Indonesia untuk memastikan kenyamanan dan keselamatan mereka selama menjalankan ibadah di Tanah Suci.

INFO HAJI 2024: Gimana Kalau Bertemu Jemaah yang Terpisah dari Rombongan di Masjidil Haram?