Program PENA, Salah Satu Program Unggulan Kemensos untuk Membantu Masyarakat Miskin

Program PENA Kemensos
Sumber :
  • infopublik.id

WisataProgram PENA (Pahlawan Ekonomi Nusantara) adalah program pemberdayaan ekonomi yang diluncurkan oleh Kementerian Sosial (Kemensos) untuk membantu masyarakat miskin dan rentan agar bisa mandiri dan sejahtera. Program ini memberikan bantuan modal usaha, pelatihan, dan pendampingan kepada Keluarga Penerima Manfaat (KPM) Program Keluarga Harapan (PKH) dan Program Sembako yang berusia produktif (20-45 tahun). Program ini bekerja sama dengan Asuransi Astra, Bank Indonesia, Tata Rupa Nusantara, dan Surabaya Hotel School untuk memberikan bantuan modal, pelatihan, pendampingan, konsultasi desain, pengelolaan keuangan, dan pemasaran produk kepada Keluarga Penerima Manfaat (KPM) PENA. Program ini juga menyediakan Klinik Usaha PENA dan PENA TV sebagai sarana edukasi dan promosi usaha. Program PENA diharapkan bisa mengentaskan kemiskinan dan meningkatkan kesejahteraan masyarakat.

Mereka yang Memiliki Karakter Ini akan Hidup Bahagia, Berikut Penjelasannya

Dikutip dari infopublik.id, Pemerintah terus berupaya memperkuat ekonomi kelompok rentan di seluruh wilayah tanah air. Salah satunya di Kabupaten Sidoarjo, Jawa Timur, supaya masyarakat rentan bangkit secara finansial. Hal tersebut disampaikan oleh Menteri Sosial Tri Rismaharini melalui keterangan tertulisnya, usai peluncuran PENA di Kabupaten Sidoarjo, Minggu (29/10/2023).

Risma mengatakan, langkah itu dilakukan sebagai upaya pemerintah daerah dalam rangka mendukung masyarakat supaya keluar dari kemiskinan ekstrim di Indonesia. Dalam kesempatan tersebut, Kementerian Sosial menggandeng Asuransi Astra menyelenggarakan road show PENA Sidoarjo. Sebanyak 68 keluarga penerima manfaat (KPM) PENA yang terdiri dari 50 KPM PENA, 15 KPM PENA Berdikari dan 3 KPM PENA Disabilitas hadir memamerkan berbagai produk unggulan mereka di Kantor Kecamatan Candi, Kabupaten Sidoarjo. Program ini bertujuan untuk mengentaskan kemiskinan, meningkatkan omset usaha, dan menciptakan pahlawan bagi keluarga dan bangsa.

INFO LOKER: 129 Lowongan Kerja di Astra Grup. Yuk Simak dan Buruan Daftar...

Pada acara tersebut, Asuransi Astra menyerahkan bantuan modal senilai Rp250 juta untuk 50 KPM PENA Sidoarjo. Vice President Asuransi Astra Djoko Nugroho Anindito mengatakan bahwa Kementerian Sosial  memiliki value atau nilai serta misi yang sama dengan Asuransi Astra.

Selain memamerkan berbagai produk karya mereka mulai dari makanan, minuman khas, tas hingga bonsai, KPM yang hadir juga bisa melakukan konsultasi desain dan pengelolaan finansial secara gratis di Klinik Usaha PENA. Klinik ini bekerja sama dengan Tata Rupa Nusantara yang digawangi oleh anak-anak muda yang ahli dalam bidang desain, pengelolaan keuangan hingga marketing produk.

Kampus Vokasi Baru Astratech Resmi Beroperasi, Target Mahasiswa Sebanyak 2.000 Orang

Dengan program PENA diharapkan dapat meningkatkan pendapatan dan kemandirian KPM PENA, mengurangi ketimpangan ekonomi nasional, dan menurunkan tingkat kemiskinan ekstrem di Indonesia.

 

Halaman Selanjutnya
img_title