LUMAJANG : Masterplan Smart City sudah Final, Ini Langkah Selanjutnya

Shita Laksmi -
Sumber :
  • lumajangkab.go.id

WISATA – Lumajang adalah salah satu kabupaten di Provinsi Jawa Timur yang memiliki visi untuk menjadi kota cerdas atau smart city. Smart city merupakan sebuah konsep kota yang memanfaatkan kecanggihan teknologi informasi dan komunikasi (TIK) untuk mengintegrasikan seluruh pelayanan pemerintah kepada masyarakat, meningkatkan kualitas hidup, kesejahteraan, dan lingkungan, serta menciptakan inovasi dan kolaborasi.

LUMAJANG: Wisata Tumpak Selo, Tawarkan Destinasi Baru Petualangan ATV di Pedesaan

Untuk mewujudkan visi tersebut, Pemerintah Kabupaten Lumajang telah menyusun masterplan pengembangan smart city yang memuat arah kebijakan, strategi pengembangan dan penyelarasan program perangkat daerah dalam jangka waktu lima tahun mulai tahun 2019 sampai 2023. Yang mana pada Kamis 12/10/2023 yang lalu disampaikan oleh Tim Tenaga Ahli Kementerian Komunikasi dan Informatika Republik Indonesia, Shita Laksmi, bahwa penyusunan masterplan di Lumajang dilakukan melalui pelaksanaan Bimbingan Teknis (Bimtek) Smart City mulai dari tahap I hingga IV. Yang mana pada  Bimtek tahap IV kali ini, telah memasuki tahap finalisasi peta jalan, rencana aksi, kemudian finalisasi daftar Quick Wins program-program unggulan Kabupaten Lumajang serta manajemen resiko.

Program Smart City Lumajang

Photo :
  • IG/pantura7com
Gunung Semeru Erupsi Lagi, Pemerintah Himbau Masyarakat Menjauh Radius 5 Km

 

Menurutnya, Misi Kabupaten Lumajang kota cerdas 2024-2033 dibagi menjadi enam dimensi, diantaranya smart governance, smart branding, smart economy, smart living, smart society dan smart environment.

LUMAJANG: Unan-Unan, Tradisi Bersyukur dan Pengharapan Suku Tengger

Sementara, implementasi atau penerapan program kota cerdas tersusun melalui perumusan, yang meliputi tujuan, visi misi, sasaran, indikator dan strategi, kemudian rencana aksi jangka pendek, menengah dan rencana aksi jangka panjang serta peta jalan.

Halaman Selanjutnya
img_title