BMKG: Kebumen, Salah Satu Zona Potensi Gempa dan Tsunami di Indonesia, Waspadalah

Ilustrasi Tsunami
Sumber :
  • pixabay/Schäferle

Kebumen, WISATA – Kepala Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG), Dwikorita Karnawati menegaskan pihaknya terus menggencarkan pelaksanaan sekolah lapang gempa bumi dan tsunami (SLG) di seluruh penjuru Indonesia.

Menurutnya, literasi kebencanaan masyarakat harus terus ditingkatkan dan dilakukan secara berkelanjutan, guna meminimalkan risiko gempa bumi dan tsunami yang mengintai banyak wilayah pesisir Indonesia.

"SLG yang kali ini difasilitasi oleh Stasiun Geofisika Banjarnegara menjadi strategi kami (BMKG-red) mewujudkan zero victim di wilayah-wilayah yang rawan gempa bumi dan tsunami. Menekan potensi resiko pada tingkat minimal, selain inovasi teknologi yang terus dikembangkan oleh BMKG," ungkap Dwikorita Karnawati saat gelaran SLG di Kabupaten Kebumen, Jawa Tengah, Sabtu (30/9/2023).

Surakarta Cerah Berawan Sepanjang Hari, Waspada Angin Kencang

BMKG Gelar Sekolah Lapang Gempa Bumi dan Tsunami

Photo :
  • bmkg.go.id
Dwikorita menyebut, literasi kebencanaan masyarakat harus diperkuat. Terlebih di era disrupsi informasi seperti sekarang ini, banyak sekali disinformasi maupun berita bohong yang beredar di tengah masyarakat dan menimbulkan keresahan juga kepanikan.

Mantan Rektor UGM ini menambahkan, Pemeritah Daerah di sepanjang selatan Jawa harus terus meningkatkan kesiagaan menghadapi kemungkinan terjadinya gempa bumi dan tsunami.

Halaman Selanjutnya
img_title