INFO HAJI: Jemaah Haji Suharja Ditemukan Wafat, Disalatjenazahkan di Masjidil Haram

Suharja Ditemukan Wafat, Disalatjenazahkan di Masjidil Haram
Sumber :
  • kemenag.go.id

Makkah, WISATADirektur Jenderal (Dirjen) Penyelenggaraan Haji dan Umrah (PHU), Hilman Latief memastikan jemaah haji atas nama Suharja Wardi Ardi berusia 69 tahun sudah ditemukan.

INFO HAJI 2024: Viral Video Jemaah Haji Wafat di Jalanan, Kemenag Bilang, Bukan dari Indonesia

Suharja ditemukan oleh tim Perlindungan Jemaah (Linjam) dalam kondisi meninggal dunia di ruang penyimpanan jenazah (tsallajah) rumah sakit (RS) Mu'aisyim, Mina, Makkah.

Suharja terpisah dari istrinya, Aat, saat keduanya ke toilet di Arafah pada 27 Juni 2023. Setelah dilakukan proses pencarian oleh tim Linjam Panitia Penyelenggara Ibadah Haji (PPIH) Arab Saudi selama beberapa pekan, akhirnya jenazah Suharja ditemukan.

INFO HAJI 2024: Tok, Kuota Haji 2025 Indonesia Tahun Depan Berjumlah 221 Ribu

Menurut Hilman, jenazah Suharja ditemukan tanpa gelang identitas, sehingga diperlukan kesaksian langsung dari keluarga terdekat. Proses verifikasi jenazah dilakukan di Markaz at-Thib asy-Syar'iy bi Shihhah al-Makkah al Mukarramah atau Forensic Medicine Center Makkah dengan menghadirkan istri almarhum Suharja, Aat.

Dirjen Penyelenggaraan Haji dan Umrah, Kemenag, Hilman Latief

Photo :
  • kemenag.go.id
INFO HAJI 2024: Hadapi Puncak Haji, Lebih dari Seribu Petugas Haji Indonesia Disiapkan

"Alhamdulillah hari ini, pukul 15.00 Waktu Arab Saudi, saya bersama Kepala KUH (Kantor Urusan Haji), Nasrullah Jasam, Kabid Linjam Haji, Kolonel Laut Harun Arrasyid, MA (Kasubdis Binroh Disbintalal Mabes TNI AL Cilangkap Jaktim), Kadaker Madinah, Zaenal Muttaqin, dan tim, bersama-sama mengunjungi Markaz at-Thib asy-Syar'iy bi Shihhah al-Makkah al Mukarramah," terang Hilman Latief di Makkah, Minggu (16/07/2023).

Tim mengantarkan Aat asal Majalengka, kloter 10 Embarkasi Kertajati atau KJT 10, yang didatangkan secara khusus dari Madinah. Ibu Aat diantar oleh Kadaker Madinah ke Makkah bersama dokter kloter dan dua pendamping lainnya.

Halaman Selanjutnya
img_title