Reaksi Media Malaysia setelah Harimau Malaya Tersungkur Digilas Garuda Muda

Respons Media Malaysia usai kalah dari Timnas Indonesia U-19
Sumber :
  • tvonews.com

Surabaya, WISATAHarimau Malaya harus mengakui keunggulan Timnas Indonesia U-19 dengan skor tipis 0-1 pada laga semifinal Piala AFF U-19 2024 yang berlangsung di Stadion Gelora Bung Tomo, Surabaya, Sabtu (28/7/2024). Gol tunggal kemenangan yang memastikan langkah Garuda Muda ke partai final dicetak oleh Muhammad Alfharezzi Buffon pada menit ke-78 melalui tendangan keras yang tak mampu dibendung kiper Malaysia.

KUALIFIKASI PIALA DUNIA 2026: 3 Striker Baru Timnas Senior Indonesia Segera Merapat, Cuss...

Laga yang penuh tensi dan sarat gengsi ini berlangsung ketat sejak peluit awal dibunyikan. Kedua tim menunjukkan permainan agresif dan saling menyerang, namun Timnas Indonesia U-19 asuhan Indra Sjafri berhasil mendominasi jalannya pertandingan. Usaha keras ini membuahkan hasil ketika Buffon, yang tampil impresif sepanjang turnamen, melepaskan tendangan dari luar kotak penalti yang melesat ke sudut kiri gawang Malaysia.

Kekalahan ini tentu menjadi pukulan berat bagi Harimau Malaya yang dipimpin oleh pelatih Juan Torres Garrido. Sejumlah media ternama di Malaysia turut memberitakan kekalahan tersebut dengan nada yang cukup dramatis. Misalnya, BHarian menulis dalam artikelnya yang berjudul "Indonesia Meluluhlantakkan Impian Skuad Nasional U-19", bahwa "Impian skuad nasional U-19 untuk mempertahankan trofi Kejuaraan ASEAN U-19 2024 pupus ketika kalah 1-0 dari Indonesia di babak semifinal, baru-baru ini."

TIMNAS U-20: Iqbal Gwijangge Bangga Rayakan HUT ke-79 RI Bersama Timnas

Sementara itu, My Metro memberikan ulasan yang lebih netral namun tetap mengakui keunggulan Timnas Indonesia U-19. "Pujian juga perlu diberikan kepada anak asuh Indra Sjafri yang menampilkan permainan meyakinkan lewat serangan terus menerus dari sisi kanan dan kiri hingga membuat pemain Harimau Muda harus bertahan agar tidak kebobolan," tulis My Metro.

Tak ketinggalan, New Straits Times mengangkat judul yang cukup menohok dalam artikelnya terkait kekalahan Malaysia. "Malaysia Menyerahkan Mahkota ASEAN U-19," tulis New Straits Times, menggambarkan kekecewaan atas kegagalan mempertahankan gelar juara yang diraih pada edisi sebelumnya.

TIMNAS U-20: 32 Pemain Disiapkan untuk Mengikuti TC di Jakarta dan Korsel

Kemenangan ini membawa Timnas Indonesia U-19 melaju ke partai puncak yang akan mempertemukan mereka dengan Thailand pada final yang dijadwalkan berlangsung di Stadion Gelora Bung Tomo, Senin (29/7/2024) malam WIB. Di sisi lain, Harimau Malaya harus puas bertanding untuk memperebutkan tempat ketiga melawan Australia.

Bagi Timnas Indonesia U-19, kemenangan ini adalah hasil dari kerja keras dan persiapan matang. Indra Sjafri, sang pelatih, menyatakan kepuasannya atas performa anak asuhnya. "Kami sudah bekerja keras dan mempersiapkan tim dengan baik. Ini adalah buah dari kerja keras seluruh pemain dan tim pelatih. Kami siap untuk menghadapi Thailand di final," ujar Indra Sjafri dalam konferensi pers pasca-pertandingan.

Halaman Selanjutnya
img_title