Inilah 5 Kuliner Legendaris di Kota Blitar yang Menggugah Selera, Sayang Jika Dilewatkan

Soto Blitar
Sumber :
  • IG/sotonasipecel.blitar

Blitar, WISATA – Kuliner legendaris adalah hidangan yang telah berdiri kokoh selama bertahun-tahun dan masih populer hingga kini. Di Blitar, terdapat beberapa kuliner legendaris yang patut dicoba jika Anda berkunjung ke sana. Berikut beberapa di antaranya:

1. Sate Klopo Ondomohen: Sate khas Blitar yang terbuat dari daging sapi yang dimasak dengan bumbu kacang dan taburan parutan kelapa. Rasanya gurih dan lezat. Anda bisa mendapatkannya di    Jl. Panglima Sudirman No.17, Kepanjenkidul, Kec. Kepanjenkidul, Kota Blitar, Jawa Timur.

2. Sate Lilit Mbah Jayus: Sate yang terbuat dari daging ayam atau daging sapi yang dibumbui dengan rempah-rempah khas dan dibakar dengan cara dililitkan pada bambu atau tusuk sate. Salah satu tempat terkenal untuk mencicipi sate lilit ini adalah warung Mbah Jayus. Lokasinya ada di Jl. Panglima Sudirman No.28, Kepanjen Lor, Kec. Kepanjenkidul, Kota Blitar, Jawa Timur.

3. Tahu Campur Mbak Sador: Tahu campur adalah hidangan berupa tahu yang digoreng dan disajikan dengan kuah kental yang terbuat dari campuran petis, kecap manis, bawang goreng, dan irisan kubis serta tauge. Warung Mbak Sador terkenal dengan hidangan ini di Blitar. Tahu campur ini bisa ditemui di Jl. S. Parman No.12, Sutojayan, Kec. Sananwetan, Kota Blitar, Jawa Timur.

4. Soto Blitar: Soto khas Blitar memiliki kuah yang gurih dengan rempah-rempah yang khas, serta daging ayam atau daging sapi yang empuk. Biasanya disajikan dengan tambahan telur, tomat, daun bawang, dan bawang goreng. Beberapa warung menyediakan Soto Blitar di berbagai daerah di Kota Blitar, seperti di sekitar Pasar Legi dan daerah pusat kota.

5. Rawon Setan Mbah Jimat: Rawon adalah hidangan berkuah hitam khas Jawa Timur yang menggunakan bumbu kluwek. Namun Warung Rawon Setan Mbah Jimat mempunyai rasa yang khas dan terkenal dengan kuahnya yang nikmat di Blitar. Lokasinya ada di  Jl. Pendopo Blimbing, RT.01/RW.07, Blimbing, Kec. Kepanjenkidul, Kota Blitar, Jawa Timur.

6. Nasi Pecel Blitar: Meskipun banyak nasi pecel di berbagai kota, nasi pecel di Blitar memiliki cita rasa yang khas dengan bumbu kacang yang gurih dan pedas. Seperti halnya racikan pecel lainnya, pecel Blitar juga disajikan dengan aneka sayuran yang direbus seperti kacang panjang, tauge, dan kol. Pecel Blitar banyak ditemui di penjual nasi pecel yang tersebar di berbagai pasar tradisional dan warung makan di Blitar.