Reaksi Peradaban Kuno terhadap Gerhana, Dianggap Pesan dari Para Dewa

Gerhana Matahari Total
Sumber :
  • Instagram/infoastronomy

Malang, WISATA – Masyarakat kuno akan mengira peristiwa langit tersebut merupakan pesan dari para dewa dan ini menjadi alasan untuk meninggalkan pemukiman, atau merupakan isyarat untuk mengakhiri perang. 

Pada peristiwa terjadinya gerhana matahari total, tentu saja, kita memahami apa yang sedang terjadi yaitu orbit bulan membawanya di antara matahari dan bumi, dengan bayangan bulan menutupi permukaan planet kita. Namun pada zaman dahulu, menyaksikan matahari menghilang di tengah hari merupakan suatu hal yang menakjubkan, bahkan menakutkan. 

“Bagi nenek moyang kita, gerhana hampir pasti dipandang sebagai pertanda”, kata Schaefer dilansir dari smithsonianmag.com. “Matahari dan bulan biasanya adalah dewa utama di jajaran Anda—lalu ada matahari, yang mati di depan mata Anda. Itu pertanda tidak baik." 

Di seluruh dunia, mitos dan legenda berkembang seputar fenomena tersebut. Di Tiongkok kuno, gerhana matahari menandakan bahwa matahari sedang dimakan oleh seekor naga ; orang-orang akan menabuh genderang dan membuat suara keras untuk menakut-nakuti binatang itu dan mengembalikan sinar matahari. Di Amerika Selatan, suku Inca memandang gerhana matahari sebagai tanda ketidaksenangan dewa matahari; para pemimpin akan mencoba menebak sumber kemarahannya dan menenangkannya dengan pengorbanan yang pantas. 

Namun para peneliti tidak dapat mengatakan secara spesifik gerhana matahari mana yang telah diamati sebelum ditemukannya tulisan. Di Eropa barat laut, misalnya, ukiran batu kuno sering kali menampilkan pola spiral yang terkadang diartikan melambangkan matahari, dan kemungkinan gerhana matahari. Demikian pula di Amerika Serikat bagian barat daya, banyak pahatan batu yang dikenal sebagai petroglif menunjukkan simbol mirip matahari. 

Salah satu ukiran yang paling menarik dapat dilihat di Chaco Canyon, New Mexico; Para peneliti berpendapat bahwa gambar lingkaran tersebut adalah gambaran gerhana matahari yang terlihat dari ngarai pada tahun 1097 M. Para ahli mencatat bahwa ada dua gerhana matahari total yang terlihat di wilayah tersebut pada tahun 1257 dan 1259; orang-orang yang tinggal di wilayah barat daya Colorado mungkin telah menyaksikan kedua peristiwa tersebut hanya dalam waktu dua tahun, bersama dengan sebuah komet yang cukup terang untuk terlihat dengan mata telanjang pada musim panas dan musim gugur tahun 1264. 

Menariknya, peristiwa-peristiwa ini tampaknya bertepatan dengan peristiwa tersebut. dimulainya eksodus besar-besaran, dengan orang-orang Anasazi yang pernah tinggal di wilayah tersebut meninggalkan pemukiman mereka dan meninggalkan daerah tersebut. Meskipun para sejarawan percaya bahwa kekeringan adalah penyebab utama eksodus tersebut, Tyler Nordgren, seorang astronom, penulis dan seniman yang berspesialisasi dalam penjangkauan gerhana, mengatakan bahwa gerhana dapat mempengaruhi orang-orang Amerika kuno ini pada tingkat psikologis. “Bisa jadi Anda berkata, 'Baiklah, ini tempat yang buruk; kita perlu melakukan sesuatu yang berbeda. Semua orang berkemas dan pergi,'” katanya.