Fosil Dinosaurus Muncul dari Pasir Minyak Alberta, Kanada

Fosil Nodosaurus yang Ditemukan
Sumber :
  • Facebook/archaeologyworldwide

Alberta, WISATA – Hewan tersebut mungkin mati saat menantang predator dengan baju besi dan ukurannya yang berat dan setelah 110 juta tahun, wajahnya tetap membeku dalam tatapan reptil yang ganas. 

Bagaimana hewan tersebut, yang tinggal di darat, dan tidak memakan tumbuhan, nodosaurus mati tidak diketahui, namun entah bagaimana tubuhnya berakhir di dasar laut purba. Mineral menjaga sisa-sisanya tetap utuh, secara bertahap mengubah tubuh menjadi fosil. Dan ketika ditemukan pada tahun 2022, para ilmuwan segera menyadari bahwa itu adalah spesimen yang paling terpelihara dari jenisnya. 

“Pada dasarnya ini adalah mumi dinosaurus, sungguh luar biasa,” kata Don Brinkman, direktur pelestarian dan penelitian di Royal Tyrell Museum di Drumheller, Alberta.

Dinosaurus tersebut, dengan fosil kulit dan isi usus utuh, berasal dari Tambang Millenium enam tahun lalu di pasir minyak di Alberta utara, salah satu dasar laut. 

Laut itu penuh dengan kehidupan, penuh dengan reptil raksasa yang tumbuh sepanjang 60 kaki, sementara pantainya dilintasi oleh dinosaurus raksasa selama jutaan tahun. Daerah tersebut telah mengeluarkan fosil sejak awal waktu yang tercatat. 

“Operator sekop di tambang melihat sebuah balok dengan pola yang lucu dan menghubungi seorang ahli geologi,” kata Dr. Brinkman. "Kami naik dan mengambilnya." Fosil tersebut, difoto untuk National Geographic edisi Juni. 

Undang-undang Alberta menetapkan semua fosil adalah milik provinsi tersebut, bukan milik pemilik tanah tempat fosil tersebut ditemukan. Sebagian besar ditemukan setelah terkikis oleh erosi, namun penambangan juga terbukti bermanfaat bagi ahli paleontologi.