BOYOLALI: Naysilla Chelsea Azzahra Terpilih Jadi Duta Kesehatan Remaja 2024

Naysilla Chelsea A. Terpilih Jadi Duta Kesehatan Remaja Boyolali 2024
Sumber :
  • boyolali.go.id

Boyolali, WISATA – Dinas Kesehatan (Dinkes) Kabupaten Boyolali menggelar Lomba Duta Kesehatan Remaja Boyolali.

44 remaja siswa kelas X dan XI SMA/Sederajat dari seluruh wilayah di Kabupaten Boyolali turut serta dalam kegiatan ini.

Usai mengikuti proses seleksi, 20 siswa terpilih untuk mengikuti acara Grand Final Lomba Duta Kesehatan Remaja yang dilaksanakan di Pendopo Gede Kabupaten Boyolali pada Selasa (8/10/2024) malam.

Kepala Dinkes Kabupaten Boyolali, Puji Astuti menyatakan, dalam rangka menyukseskan program pemerintah dalam memperkuat sistem kesehatan primer, maka kader-kader kesehatan juga harus diperkuat.

Menurutnya, permasalahan di kalangan remaja saat ini sangat luar biasa, mulai dari gizi dan banyaknya kasus kesehatan jiwa remaja karena bullying.

Puji menambahkan, salah satu alasan pelaksanaan Lomba Duta Kesehatan Remaja ini adalah, supaya mereka bisa menjadi agen-agen kesehatan untuk bisa memberikan pendidikan yang benar tentang kesehatan kepada para remaja.

Selain itu, regenerasi kader di masyarakat tidak mudah, karena kader kesehatan yang ada sekarang ini sudah banyak yang lansia.

“Kami berharap nantinya mereka itu juga bisa menjadikan pionir-pionir di kesehatan remaja yang bisa memberikan pengetahuan yang benar terhadap kesehatan,” ungkapnya.

Menurut Puji, 20 peserta yang mengikuti Grand Final telah mengikuti proses karantina yang dilaksanakan di Front One Budget Hotel Boyolali.

Pada saat karantina tersebut, peserta diberikan ilmu pengetahuan kesehatan agar nantinya bisa disosialisasikam kepada teman sebayanya.

Sementara itu, Wakil Bupati Boyolali, Wahyu Irawan yang membuka acara tersebut berharap, kegiatan Lomba Duta Kesehatan Remaja ini terus dilakukan setiap tahunnya agar semakin banyak agen kesehatan yang nantinya akan meringankan tugas Dinas Kesehatan untuk memberikan sosialisasi dan edukasi kepada masyarakat, terutama untuk usia remaja.

“Dengan terpilihnya Duta Kesehatan Remaja diharapkan dapat menjadi kader kesehatan yang dapat menjadi panutan dan menyebarluaskan informasi kesehatan kepada teman sebaya, guru, warga di sekolah dan juga di lingkungan sekolah,” ujar Wabup Wahyu yang akrab disapa Iwan ini.

Juara pertama Lomba Duta Kesehatan Remaja Boyolali ini, diraih oleh Naysilla Chelsea Azzahra, siswa SMA Negeri 1 Teras.

Kemudian, juara kedua adalah Citra Ayu Cahya Pramesthy dan juara ketiga Rania Yasmin Rahmawati, keduanya merupakan siswa dari SMA Negeri 1 Boyolali.

(Sumber: boyolali.go.id)