INFO LOKER: Tersedia 400 Posisi di Ajang Job Fair Unikal Pekalongan, Hingga Hari Ini

Universitas Pekalongan (Unikal) Gelar Job Fair Nasional
Sumber :
  • pekalongankota.go.id

Pekalongan, WISATA – Universitas Pekalongan (Unikal) menggelar Job Fair Nasional selama 2 hari, pada hari Rabu-Kamis, 23-24 Oktober 2024.

Job fair yang menyediakan 400 posisi lowongan kerja ini, dibuka Wakil Rektor 1 Unikal, Zahro, dihadiri oleh Kepala Dinas Perindustrian dan Tenaga Kerja (Dinperinaker) Kota Pekalongan, Betty Dahfiani Dahlan, dan 32 perwakilan perusahaan baik dalam maupun luar Kota Pekalongan.

Job fair digelar di GOR Unikal.

Pelaksanaan job fair bertepatan dengan Dies Natalis Unikal yang ke-53 pada tahun ini.

Ratusan pencari kerja memadati stan-stan perusahaan yang akan dilamar sesuai dengan peminatannya pada hari Rabu kemarin.

Wakil Rektor 1 Unikal, Zahro menyatakan, adanya job fair ini, tujuannya untuk memberikan peluang atau kesempatan kepada alumni Unikal maupun masyarakat umum untuk mendapatkan pekerjaan.

Dengan begitu, semakin banyak masyarakat yang terserap di dunia kerja sesuai dengan kompetensinya, khususnya bagi mereka yang masih menganggur maupun lulusan baru (fresh graduate).

"Kegiatan ini juga merupakan bentuk kontribusi Unikal kepada masyarakat terutama kepada sesama perguruan tinggi. Sebab, job fair ini tidak hanya untuk lulusan Unikal saja, melainkan juga lulusan perguruan tinggi lain untuk bisa meningkatkan kinerja lulusannya untuk mendapatkan pekerjaan yang layak dan sesuai batas waktu yang ditentukan dalam indikator lapangan pekerjaan,"tuturnya.

Zahro menambahkan, job fair kali ini melibatkan 32 perusahaan dengan total 400 loker yang tersedia baik industri ritel modern, kecantikan, perbankan, koperasi, dan finance.

Loker ini terbuka untuk lulusan SMA/SMK sederajat hingga jenjang Sarjana.

Kegiatan ini dilatarbelakangi karena banyak masyarakat yang harus kehilangan pekerjaannya karena mengalami Pemutusan Hubungan Kerja (PHK) di tempatnya bekerja.

Zahro berharap, kegiatan job fair ini sebagai upaya membantu pemerintah dalam mengurangi angka pengangguran dan kemiskinan di Kota Pekalongan.

"Yang dibutuhkan di dunia kerja saat ini adalah kemampuan dan kompetensi yang semakin meningkat dan harus terus terupgrade. Dari kegiatan ini juga sebagai evaluasi dari perusahaan selaku mitra Unikal terkait kebutuhan lulusan yang hendak dicari. Pada kesempatan ini, para pencari kerja bisa langsung bertemu dengan perwakilan perusahaan untuk melampirkan berkas dan melakukan tes wawancara (interview) langsung," ungkapnya.

Sementara itu, Kepala Dinperinaker Kota Pekalongan, Betty Dahfiani Dahlan mengapresiasi upaya Unikal yang telah menyelenggarakan kegiatan job fair nasional ini untuk lulusannya maupun masyarakat umum.

"Kegiatan job fair ini sangat mendukung tugas pemerintah melalui Dinperinaker dalam rangka mengurangi angka pengangguran di Kota Pekalongan, terutama dengan sasaran lulusan SMA/SMK sederajat yang tidak melanjutkan kuliah dan lulusan perguruan tinggi," jelas Betty.

Betty menambahkan, job fair ini bisa menjadi peluang kesempatan kerja bagi mereka yang belum bekerja.

Menurut Betty, untuk Tingkat Pengangguran Terbuka (TPT) Kota Pekalongan pada tahun 2022 lalu sebesar 4,98 persen.

Kemudian, pada tahun 2023 naik menjadi 5,02 persen atau sekitar 9.045 orang yang masih menganggur atau belum bekerja.

Berdasarkan data BPS, mereka yang belum bekerja didominasi lulusan SMA/SMK sederajat yang tidak melanjutkan pendidikannya di bangku perkuliahan.

Padahal, mereka termasuk dalam angkatan kerja.

(Sumber: pekalongankota.go.id)