INFO HAJI: Keterlambatan Layanan di Mina, Dirjen Penyelenggaraan Haji Minta Mashariq Bergerak Cepat

Dirjen Penyelenggaraan Haji dan Umrah, Kemenag, Hilman Latief
Sumber :
  • kemenag.go.id

Mina, WISATA- Dirjen Penyelenggaraan Haji dan Umrah Kemenag, Hilman Latief, menyampaikan kekecewaannya atas kelambanan Mashariq dalam menyiapkan layanan bagi jemaah haji di Muzdalifah dan Mina.

Proses pemberangkatan jemaah dari Muzdalifah menuju Mina mengalami keterlambatan, sementara layanan konsumsi di Mina juga tidak terdistribusi dengan baik dan lancar. Masalah lainnya adalah ketersediaan kasur yang tidak mencukupi untuk jumlah jemaah.

"Kami telah menyampaikan protes keras kepada pihak Mashariq terkait masalah yang terjadi di Muzdalifah. Kami juga meminta agar tidak ada masalah dalam penyediaan layanan di Mina," tegas Hilman di Mina pada Rabu (28/6/2023).

"Kami akan terus mengawasi situasi ini, agar Mashariq dapat bergerak lebih cepat dalam menyiapkan layanan untuk jemaah haji," lanjutnya.

Hilman menyampaikan protes keras kepada Mashariq karena penyediaan layanan di Arafah - Muzdalifah - Mina (Armina) sepenuhnya menjadi tanggung jawab mereka. Skema ini juga berlaku bagi semua negara, di mana proses penyediaan layanan dilakukan melalui kemitraan dengan otoritas Mashariq.

"Jadi dalam Armina, Mashariq bertanggung jawab penuh dalam penyediaan layanan. Oleh karena itu, kami meminta agar semua hak jemaah haji Indonesia dapat dipenuhi dengan baik," tegasnya.

Hilman meminta Mashariq untuk dapat mengambil keputusan yang cepat dalam mengantisipasi potensi munculnya masalah. Dengan demikian, setiap potensi masalah dapat segera diselesaikan tanpa merugikan jemaah.