Indonesia berpartisipasi di Salon International de l’Agriculture (SIA) di Paris

SIA ke 60
Sumber :
  • IG/salondelagriculture

Paris, WISATA – Untuk pertama kalinya Indonesia hadir dalam Salon International de l’Agriculture (SIA) di Paris. Partisipasi Indonesia dalam edisi ke-60 SIA ini diwakili oleh sejumlah perusahaan Indonesia yang telah menerapkan prinsip-prinsip berkelanjutan dan memiliki sertifikat indikasi geografis. 

SIA adalah acara tahunan yang diadakan di Paris, Prancis. Acara ini merupakan pertemuan penting bagi para profesional dan pengunjung yang tertarik dengan industri pertanian. SIA biasanya diadakan di Paris Expo Porte de Versailles. Pada tahun 2024, SIA diadakan dari tanggal 24 Februari hingga 3 Maret . Edisi ini sangat istimewa karena merayakan ulang tahun ke-60. Acara ini menyoroti bagaimana kemajuan teknologi dapat mendorong praktik pertanian yang ramah lingkungan dan memenuhi kebutuhan konsumen.

SIA ke 60

Photo :
  • IG/salondelagriculture

Partisipasi Indonesia dalam acara ini terlaksana dengan baik berkat kolaborasi yang erat antara Direktorat Jenderal Amerika dan Eropa Kementerian Luar Negeri serta dukungan oleh KBRI Paris dan pelaku usaha Indonesia yang memiliki komitmen kuat mengenai arti penting pertanian berkelanjutan. Melalui acara ini, Kementerian Luar Negeri mendorong visibilitas dan kehadiran produk pertanian RI yang berkelanjutan untuk memiliki akses pasar lebih luas di pasar internasional.

Produk-produk pertanian organik yang ditampilkan dalam booth Indonesia dalam SIA, antara lain, produk pertanian kopi, kakao, teh, rempah-rempah, dan produk-produk organik. Selain mempromosikan produk-produk pertanian Indonesia, peserta dari Indonesia juga akan memaparkan upaya yang telah dilakukan selama ini dalam menerapkan praktik pertanian berkelanjutan kepada publik di Prancis.

SIA yang dihelat di Porte de Versailles, Paris, dan diresmikan oleh Presiden Prancis, adalah salah satu pameran pertanian dan peternakan terbesar di dunia. Sejak pertama kali digelar pada 1964, SIA bukan hanya menjadi wadah memperkenalkan produk-produk unggulan, tetapi juga sebagai arena untuk pengembangan jaringan bisnis dan penguatan riset di bidang agroindustri.