TERNATE: Tuala Lipa, Identitas Budaya Masyarakat Ternate yang Terlupakan

Tuala Lipa, Peci Khas dari Ternate
Sumber :
  • infopublik.id

Ternate, WISATA – Indonesia merupakan sebuah negara yang kaya akan seni dan budaya yang tersebar dari Sabang sampai Merauke. Namun seiring perkembangan zaman, secara perlahan mulai memudar.

Direktur Buku Suba Institute, Sukarno, menyebut "Tuala Lipa" merupakan pakaian adat dan identitas budaya masyarakat Ternate, Maluku Utara yang perlahan mulai terlupakan.

Secara harafiah, Tuala Lipa memiliki arti sepenggal kain yang dilipat dan menjadi penutup kepala.

"Tidak hanya arti, namun Tuala Lipa memiliki makna filosofis yang sangat mendalam. Tuala Lipa sebagai simbol, nilai, serta keyakinan. Ini yang alpa dalam memaknainya," ujar Sukarno dalam dialog kebudayaan yang diprakarsai Balai Pelestarian Kebudayaan Wilayah XXI di Benteng Kalamata, Ternate.

Menurutnya, menjadi sebuah kenyataan bahwa hasil-hasil kebudayaan saat ini semakin dilupakan di tengah masyarakat, khususnya oleh anak muda.

Generasi muda semakin minim mengenal budaya Tuala Lipa.

Untuk itu, perhatian pemerintah kepada maestro (perajin) agar Tuala Lipa dapat diproduksi dalam jumlah besar dan dipakai banyak orang, menjadi harapannya.

Selain itu, menurutnya, komunikasi pemerintah dan Kesultanan Ternate sebagai pusat kebudayaan, diperlukan guna memastikan Tuala Lipa dapat digunakan oleh publik Ternate.

"Gunakan media sosial untuk memperkenalkan kebudayaan (Tuala Lipa) agar semakin dikenal masyarakat," ujar Sukarno kepada generasi muda.

(Sumber: infopublik.id)