Pemerintah Fokus Pulihkan Layanan PDNS 2 yang Terdampak Serangan Siber

Wamen Nezar Patria
Sumber :
  • Kementerian Kominfo

Jakarta, WISATA – Wakil Menteri Komunikasi dan Informatika Nezar Patria menyatakan bahwa pemerintah saat ini tengah fokus untuk memulihkan layanan pemerintahan dalam Pusat Data Nasional Sementara (PDNS) 2 yang terdampak serangan siber. Menurutnya, pemulihan akan dilakukan secepatnya agar layanan publik bisa berjalan kembali normal.

“Secepatnya, beberapa sudah bisa kita pulihkan, misalnya Imigrasi. Kita terus bekerja sekarang untuk mengatasi, terutama agar layanan publik bisa berjalan kembali seperti sedia kala seperti yang kita harapkan. Mohon dukungan dan doanya semua,” jelas Nezar Patria usai Konferensi Pers Update Pusat Data Nasional Sementara di Kantor Kementerian Kominfo, Jakarta Pusat, Senin (24/06/2024).

Wamenkominfo menekankan bahwa layanan imigrasi menjadi salah satu layanan pemerintah yang telah pulih dan bisa digunakan kembali oleh masyarakat. Sementara itu, layanan lain yang terdampak masih dalam proses pemulihan.

“Layanan-layanan pokoknya kita pulihkan, yang lain kita terus bekerja sekarang,” ujarnya.

Nezar Patria juga menyatakan bahwa PDNS 2 telah memiliki fasilitas Disaster Recovery Center (DRC) yang membantu upaya pemulihan layanan yang terdampak.

Layanan-Layanan yang Sudah Pulih

Sebelumnya, Direktur Jenderal Aplikasi Informatika Kementerian Kominfo Semuel Abrijani Pangerapan mengatakan bahwa selain layanan imigrasi, terdapat beberapa layanan lain yang sudah bisa digunakan, antara lain: