Mengenal Kawah Wurung, Salah Satu Obyek Wisata Memukau Jejak Aktivitas Vulkanik di Bondowoso

Kawah Wurung Bondowoso
Sumber :
  • IG/wisatakawahwurung

Bondowoso, WISATA – Obyek wisata Kawah Wurung yang memukau ini, terletak di Desa Kalianyar, Kecamatan Ijen, Kabupaten Bondowoso, Jawa Timur.  Wisata Kawah Wurung ini memiliki daya tarik tersendiri dengan keindahan alamnya yang unik dan pemandangan yang menakjubkan berupa padang rumput luas yang dikelilingi bukit-bukit hijau, menyerupai kawah gunung berapi.

10 Rekomendasi Destinasi Wisata di Bondowoso Jawa Timur yang Mengagumkan, Bisa ke Kawah Ijen

Pemandangan Kawah Wurung semakin indah dengan latar belakang Gunung Ijen yang menjulang tinggi. Udara di sekitar kawah sejuk dan segar, menjadikannya tempat yang ideal untuk bersantai dan menikmati alam.

Kawah Wurung secara geologis merupakan bagian dari kompleks vulkanik Ijen. Nama "Wurung" dalam bahasa Jawa berarti "tidak jadi" atau "gagal," yang mengisyaratkan bahwa kawah ini mungkin pernah menjadi lokasi aktivitas vulkanik yang tidak sepenuhnya berkembang menjadi sebuah kawah aktif seperti Kawah Ijen. Kawah Wurung terbentuk dari aktivitas vulkanik yang lebih tua dan berbeda dari aktivitas yang membentuk Kawah Ijen.

LPSK Dorong Pembukaan Kantor Perwakilan di Jatim, Langkah Strategis Tingkatkan Perlindungan Korban

Secara umum, Kawah Wurung adalah sebuah kaldera atau depresi vulkanik yang tidak memiliki aktivitas vulkanik yang signifikan saat ini. Lanskapnya yang berupa padang rumput luas dengan dikelilingi bukit-bukit hijau menawarkan pemandangan alam yang indah dan berbeda dari kawasan vulkanik yang lebih aktif.

Kawah Wurung Bondowoso

Photo :
  • IG/kawahwurungbondowoso
LPSK dan Pemprov Jatim Sinergi untuk Perlindungan Saksi dan Korban, Kantor Perwakilan Segera Dibuka

Saat ini, Kawah Wurung menjadi salah satu destinasi wisata alam yang populer di Bondowoso. Pengunjung bisa menikmati panorama alam yang indah, trekking di sekitar kawah, dan berfoto dengan latar belakang lanskap yang memukau. Keindahan padang rumput yang luas, udara yang sejuk, dan suasana yang tenang membuat Kawah Wurung menjadi tempat yang ideal untuk melepas penat dan menikmati keindahan alam.

Halaman Selanjutnya
img_title