Peluncuran Transportasi Kawanku Kurangi Kemacetan dan Mudahkan Wisatawan Keliling Desa Wisata

Transportasi Kawanku
Sumber :
  • IG/kawankubatu

Batu, WISATA – “Transportasi Kawanku” adalah program inisiatif yang dibentuk oleh pemerintah Kota Batu untuk meningkatkan layanan transportasi umum di kota ini. Program ini bertujuan untuk memberikan alternatif transportasi yang aman, nyaman, dan terjangkau bagi masyarakat dan wisatawan yang berkunjung ke Kota Batu.

INFO HAJI 2024: Hari Sabtu Ini Puncak Haji, Seluruh Jemaah Haji di Dunia Laksanakan Wukuf di Arafah

Menurut Kepala Bidang Perparkiran Dinas Perhubungan Kota Batu, Chilman Suadi mengatakan, bahwa saat ini sebanyak 14 unit mobil Kawanku yang telah mendapatkan izin dari Kementerian Perhubungan. Pengajuan perizinan tersebut untuk mengusulkan adanya perubahan bentuk.

Selanjutnya Chilman mengatakan bahwa Transportasi Kawanku yang berada dibawa manajemen operator Koperasi Angkutan Darat Sumber Rejeki Kota Batu ini adalah ide dan langkah mandiri dari sopir angkutan kota. Sehingga untuk pengadaan tidak menggunakan anggaran APBD. Pihak Pemkot hanya memfasilitasi untuk proses perizinan.

"Cinta adalah Keinginan untuk Memiliki Kebaikan Selamanya" - Plato Murid Socrates

Dengan demikian tamu wisatawan yang berkunjung menggunakan bus, jika ingin berkeliling ke desa wisata bisa menggunakan shuttle ini sebagai sarana berkunjung. Pasalnya akses jalan untuk bus di wilayah Kota Batu sangat terbatas, khususnya bagi wisatawan yang ingin berkunjung ke desa wisata.

Tujuan utama dari program Transportasi Kawanku adalah untuk mengurangi kemacetan lalu lintas, mengurangi polusi udara, dan menyediakan opsi transportasi yang lebih baik bagi penduduk dan pengunjung Kota Batu. Dengan meningkatnya jumlah wisatawan yang datang ke kota ini, kebutuhan akan sistem transportasi yang efisien menjadi sangat penting.

Bagaimana Cinta Bisa Mempengaruhi Kebijaksanaan Seseorang? Begini Pandangan Plato

Sebelumnya Batu Guide Community (BGC) berkolaborasi dengan Himpunan Pramuwisata Indonesia (HPI) Kota Batu telah menginisiasi paket wisata History of Batu (HOB). Ditegaskan oleh Ketua BGC Oding Alfarifta Efendi bahwa nantinya paket wisata tersebut akan menggandeng Kawanku sebagai alat transportasi.

Ia menjelaskan sesuai konsep, HOB akan menghadirkan perjalanan wisata dengan rute yang akan dibuat semenarik dan seunik mungkin. Yakni dengan mengeksplore tentang sejarah kolonial peninggalan Belanda, sejarah Kerajaan Jawa yang ada di Kota Batu dan panorafram atau eksplore tentang panorama dan pertaniannya.

Halaman Selanjutnya
img_title