Mengenal 3 Kampung Kreatif Indonesia di Jawa Timur, Ada Kampung Pengrajin Keris yang Masuk UNESCO

Desa Wisata Keris
Sumber :
  • IG/desa.aengtongtong

WISATA – Indonesia tidak hanya memiliki desa wisata yang terkenal dengan keindahan alam dan kearifan lokalnya saja. Indonesia juga dikenal dengan banyaknya kampung-kampung kreatif yang berdaya saing. Menariknya, setiap kampung kreatif di Indonesia menonjolkan berbagai keunggulan yang berbeda-beda.

Seiring Banyaknya Diaspora Indonesia Tempe meng-Global ke Berbagai Belahan Dunia

Kehadiran kampung kreatif jelas dapat memberikan nilai tambah bagi pertumbuhan ekonomi masyarakat setempat, sekaligus mengoptimalkan pembangunan sektor pariwisata dan ekonomi kreatif di Indonesia. Lantas, di mana saja kampung kreatif unggulan di Indonesia? Berikut beberapa kampung kreatif yang ada di Jawa Timur.

Kampung Pengrajin Keris (Madura)

SOLO: Hari Jamu Nasional ke-16 2024, Bisa Lho Bupati Ngeracik Jamu Sendiri!

Kampung para pengrajin keris ini terletak di Desa Aeng Tong-tong Kecamatan Saronggi, Kabupaten Sumenep, Madura.  ini Kampung ini menjadi satu-satunya desa di Indonesia yang hampir 100% warganya adalah pembuat keris. Bahkan, pada 2014 kampung kreatif ini dinobatkan UNESCO sebagai satu-satunya desa wisata dengan pembuat keris terbanyak di dunia. 

Konon, keahlian membuat keris di kampung kreatif ini diturunkan secara turun-temurun. Terkenal dengan garapannya yang halus, baik dari keris hingga warangka, tentu tidak heran jika keris buatan dari Desa Aeng Tong-tong banyak menarik perhatian wisatawan mancanegara.

Ada Kapel dan Lampu Gantung Terbuat dari Garam di Tambang Polandia Kuno dengan Danau Bawah Tanah

Pembuatan keris

Photo :
  • IG/desa.aengtongtong
Halaman Selanjutnya
img_title