Pantai Gatra, Pantai Tersembunyi yang Bersih dari Sampah Pengunjung

Indahnya Pantai Gatra
Sumber :
  • Instagram/exploremalangraya

Malang, WISATA – Jika anda sempat melihat sampah berserakan di pinggir Pantai Gatra, sudah dapat dipastikan itu bukanlah ulah dari pengunjung, melainkan sampah-sampah yang terseret arus laut dan terbawa ombak hingga di pantainya. 

Pelatihan Pokdarwis dan Masyarakat di Malang untuk Pengembangan Kampung Wisata Tematik

Pantai ini masih termasuk wilayah konservasi yang dilindungi sehingga para pengunjung tidak bisa membuang sampah sembarangan. Bahkan, di loket masuk, barang yang Anda bawa akan didata. Barang-barang yang berpotensi menjadi sampah akan dicek kembali ketika Anda pulang. 

Pantai ini tergolong pantai yang kecil, karena dikelilingi hutan, bukit serta pulau-pulau karang, sehingga sangat nyaman dan tenang berada di pantai ini. Oleh karena itu kesan tersembunyi sangat terasa di pantai ini.

Di Tempat Ini Orang Buang Celana Dalam untuk Kesembuhan

Pantai Gatra disebut Raja Ampatnya Jawa Timur. Pantainya sangat bersih dengan pasir putihnya dan jajaran bukit-bukit kapur di sekitar hutan mangrove dengan sebaran batu koral. 

Tidak perlu jauh-jauh ke Papua untuk menikmati pesona eksotik pulau dan pantainya. 

LUMAJANG : Air Terjun Tumpak Sewu, Pesona Wisata Lumajang yang Semakin Dikenal Dunia

Yang benar-benar istimewa, pantai ini adalah pantai yang mengutamakan konservasi alam di banding sisi wisata. Kebersihan benar-benar dijaga di pantai satu ini. Bahkan menurut pengelola, Pantai Gatra adalah pantai yang hanya boleh dimasuki orang dengan sadar kebersihan saja.

Proses seleksi dan edukasi kepada semua pelancong, diawali dari pintu masuk menuju pantai. Petugas jaga dengan ramah akan menyapa pengunjung, memberi sedikit penjelasan dan informasi tentang tata tertib pengunjung kawasan Pantai Gatra sesuai yang tertera di beberapa papan informasi di sekitar pintu masuk.

Halaman Selanjutnya
img_title