BANYUWANGI: Lokasi Wisata Baru Nih...Spot Bawah Laut Pasukan Majapahit

Spot Bawah Laut Pasukan Majapahit
Sumber :
  • banyuwangikab.go.id

Banyuwangi, WISATA – Wisata bahari di Kabupaten Banyuwangi, Jawa Timur semakin menarik.

Di kawasan wisata Bangsring Underwater, Kecamatan Wongsorejo, Kabupaten Banyuwangi kini ada ikon baru bernama Majapahit's Warior Underwater di bawah laut perairan dan monumen Mas Bagus Wangsakarya.

Majapahit's Warior Underwater berupa patung Gajahmada dan belasan prajurit Majapahit beserta gapuranya, yang dipasang di bawah laut dengan kedalaman sekitar 2,5 meter.

Anda bisa menikmati pemandangan patung-patung tersebut saat diving atau snorkling di perairan pantai di selat Bali tersebut.

"Ini adalah ikon spot tourism yang baru, yang memang masih belum banyak ada di Jawa Timur," kata Pj Gubernur Jatim, Adhy Karyono, saat peluncuran, Kamis (10/10/2024).

Majapahit's Warior Underwater dan monumen Mas Bagus Wangsakarya yang didukung Pemprov Jatim ini, diresmikan dalam rangkaian Hari Jadi ke-79 Jatim.

Adhy menambahkan, patung-patung yang ditenggelamkan bukan sekadar fasilitas penunjang wisata, tapi sekaligus memiliki nilai edukasi sejarah.

Itulah sebabnya, dipilih tema kerajaan Majapahit sebagai diorama bawah laut.

"Bahwa Jawa Timur dikenal sebagai Bumi Majapahit, maka kami harus mewujudkan sesuatu yang yang betul-betul riil dengan adanya diorama patung yang bisa menggambarkan kejayaan Majapahit sebagai penguasa Nusantara pada zamannya," tuturnya.

Penambahan atraksi wisata itu, sekaligus mendorong kunjungan wisata ke Jatim, khususnya ke Banyuwangi.

Apalagi, pariwisata di Jatim tengah bergeliat.

"Perlu diketahui jumlah kunjungan wisatawan Jatim meningkat dari tahun 2023 sampai September 2024 itu meningkat sebesar 77,33 persen. Dan sektor ini bisa membawa kekuatan ekonomi baru, ya bagi kabupaten-kabupaten yang memiliki potensi wisata," lanjutnya.

Dipilihnya Bangsring Underwater Banyuwangi sebagai tempat peletakan patung Majapahit's Warior Underwater, juga bukan tanpa alasan.

Menurut Adhy, pariwisata Banyuwangi merupakan salah satu penunjang pariwisata Jatim.

"Perekonomian Banyuwangi juga ditopang dengan wisatanya. Sementara Pantai Bangsring ini manajemennya bagus dan memang tempat yang betul-betul terkenal sebagai underwater," ungkapnya.

Sementara itu, Plt Bupati Banyuwangi, Sugirah menambahkan, selain Majapahit's Warior Underwater, turut diremsikan pula monumen Mas Bagus Wangsakarya.

Mas Bagus Wangsakarya atau yang dikenal sebagai Buyut Cungking adalah tokoh Banyuwangi yang merupakan penasehat Prabu Tawangalun pada masa Kerajaan Blambangan.

"Hari ini kita meresmikan dua monumen yang berarti bagi identitas sejarah kita. Peresmian Ini bukan sekedar acara simbolis, tapi juga merupakan langkah besar dalam memperkuat semangat persatuan kolaborasi dan memajukan sektor pariwisata," tambah Sugirah.

Kehadiran Majapahit's Warior Underwater dan monumen Mas Bagus Wangsakarya, dapat mendorong kunjungan wisata di Pantai Bangsring Underwater agar semakin meningkat.

Terkait hal ini, Konjen Jepang di Surabaya, Takeyama Kenichi menambahkan, Banyuwangi merupakan salah satu daerah tujuan wisatawan asal Jepang di Indonesia.

Salah satu destinasi tujuan utamanya. adalah TWA Kawah Ijen.

"Dengan ada spot ini, harapan kami, wisatawan akan tambah satu hari atau satu malam untuk stay di sini untuk menikmati laut yang indah dan sekalian bisa mempelajari sejarah Indonesia, khususnya sama Majapahit," katanya.

(Sumber: banyuwangikab.go.id)

OPERASI ZEBRA: Digelar Korlantas Polri Mulai 14 hingga 27 Oktober 2024