YOGYAKARTA: "Organikkan Jogja", Komitmen Warga Tuntaskan Masalah Sampah dari Rumah

Pembuatan Ecobrick dalam Peringatan Hari Lingkungan Hidup Sedunia
Sumber :
  • warta.jogjakota.go.id

Yogyakarta, WISATA – "Organikkan Jogja" menjadi tema lokal yang diusung Pemerintah Kota (Pemkot) Yogyakarta dalam Peringatan Hari Lingkungan Hidup Sedunia pada Selasa (25/6/2024) di Embung Langensari.

Tema ini sekaligus juga menjadi bentuk komitmen Pemkot dalam menyelesaikan persoalan sampah.

Sekretaris Daerah Kota Yogyakarta, Aman Yuriadijaya menegaskan, tema tersebut juga menjadi tujuan serta bentuk ajakan kepada seluruh elemen masyarakat untuk mengelola sampah organik dari rumah, sehingga jumlah sampah yang dibuang, kemudian diolah di hilir akan semakin berkurang.

“Kalau tahun lalu kita fokuskan pada Gerakan Zero Sampah Anorganik serta penguatan peran bank sampah, yang saat ini berjumlah 678 secara fakta sudah cukup efektif dan berhasil menurunkan jumlah sampah dari 300 ton menjadi 200 ton, sekarang giliran sampah organik yang harus kita selesaikan dari hulu yaitu di level rumah tangga,” tegasnya.

Microsoft Hadirkan Kimia Generatif dan DFT yang Dipercepat di Azure Quantum Elements

Organikkan Jogja, Komitmen Warga Tuntaskan Sampah

Photo :
  • warta.jogjakota.go.id
Aman menambahkan, gerakan "Organikkan Jogja" sudah mulai dilakukan di wilayah, melalui pelatihan pembuatan biopori rumah tangga pada tiap kelurahan kepada para kader bank sampah, dengan harapan di akhir tahun 2024, sudah ada 23.750 KK yang mampu mengelola sampah organik dari sumbernya yaitu di rumah tiap kepala keluarga (KK).

“Potensi produksi sampah di Kota Yogya sekitar 60 persen merupakan sampah organik, untuk itu supaya jumlah sampah yang dibuang di TPST dapat ditekan, pengelolaan sampah organik di level rumah tangga menjadi upaya yang sangat bisa dilakukan,” katanya.
Halaman Selanjutnya
img_title