MALANG: Keren Nih, Kerajinan Rotan Tasikmadu Diminati Mancanegara

Kerajinan Rotan Tasikmadu, Kota Malang
Sumber :
  • malangkota.go.id

Malang, WISATA – Usaha mikro, kecil dan menengah (UMKM) kerajinan rotan di wilayah Kelurahan Tasikmadu, Kecamatan Lowokwaru, Kota Malang, Jawa Timur, ternyata banyak diminati warga.

Tak hanya konsumen lokal, namun juga telah merambah hingga mancanegara.

Hal ini terungkap saat Penjabat (Pj.) Wali Kota Malang, Wahyu Hidayat berkunjung ke sentra kerajinan yang berada di Jalan Bulutangkis, Kelurahan Tasikmadu, Kota Malang pada hari Minggu (16/6/2024) lalu.

Usai berbincang dengan para perajin, Wahyu mengaku takjub, dengan pola pemasaran yang masih sangat konvensional, yaitu dari promosi mulut ke mulut yang ternyata, berhasil menjangkau pasar internasional.

“Setelah langsung lihat dan berbicara langsung dengan pemilik UMKM, ternyata ini luar biasa, karena selama ini promosi dan penjualan masih dilakukan dari mulut ke mulut berdasarkan hasil kualitas yang dirasakan dari pemesan. Pemesannya juga tidak main-main, banyak hotel-hotel dari Bali yang pesan, dan peminatnya dari mancanegara,” terangnya.

Menangkap potensi tersebut, Wahyu menyatakan Pemerintah Kota (Pemkot) Malang siap untuk hadir memberikan bantuan kepada para perajin, misalnya dengan memberikan fasilitas, pelatihan, juga dengan mengikutsertakan UMKM dalam pameran-pameran, baik di dalam maupun luar negeri, sebagai upaya untuk memperluas jangkauan penjualan.

“Kita nanti bisa meningkatkan pembinaannya agar mereka bisa memberikan satu kaderisasi, dan kemudian kita akan memberikan sarana prasarana seperti toko, dan tidak kalah penting yaitu bantuan promosi, sehingga mereka bisa merasakan kehadiran pemerintah,” imbuhnya.

Wahyu menambahkan, setelah mengetahui geliat sentra kerajinan rotan di wilayah Tasikmadu ini, ia melihat ada potensi untuk membangun sebuah kampung wisata, yang bisa memberikan efek positif bagi masyarakat sekitar.

(Sumber: malangkota.go.id)

UGM: Sangat Menginspirasi, Ini Kisah Anak Penjual Telur Keliling, Bisa Lolos Kuliah di UGM